Sukses

Bikin Melongo, Ini 6 Profesi Unik yang Ditawarkan Istana Inggris

Istana Inggris membutuhkan beberapa profesi ini untuk mengatur dan mengurus kepentingan rumah tangga di istana.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah berpikir untuk menjadi raja dan ratu Inggris? Tinggal di istana megah nan luas, disertai dengan banyaknya pelayan istana yang siap sedia membantu, sepertinya terdengar sangat menyenangkan.

Sampai sekarang ini, kerajaan Inggris telah mempekerjakan sekitar 1,200 orang rumah tangga kerajaan. Di antara ribuan orang pekerja, banyak yang menempati pekerjaan biasa.

Akan tetapi, di lain sisi, ada sedikit pekerjaan tak biasa yang dapat mengejutkanmu. Berikut enam pekerjaan aneh dalam kerajaan yang ada hingga saat ini.

1. Pengatur jam

Posisi pekerjaan mengatur jam. Source: express.co.uk

Mereka biasanya menamakan pekerjaan ini dengan the royal clock winder atau konservator horistik kerajaan. Mereka bertanggung jawab mengatur dan menjaga lebih dari seribu jam di Istana Buckingham dan istana kerajaan Inggris lainnya.

2. Mengangkat jubah dan gaun ratu

Mengangkat jubah ratu. Source: BT.com

Posisi ini biasanya disebut the page of honor. Mereka hanya dilibatkan dalam acara-acara kerajaan dan kenegaraan. Mereka tak dilibatkan dalam tugas sehari-hari dalam kerajaan. Satu-satunya kegiatan yang mereka lakukan, yakni hanya mengangkat gaun ataupun jubah panjang dari sang ratu.

Posisi ini umumnya diberikan kepada remaja laki-laki dari anggota senior keluarga kerajaan Inggris.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pemakai sepatu

Semua orang suka sepatu baru, termasuk sang ratu. Namun, saat mengenakan sepatu baru, lazimnya butuh beberapa kali mengenakannya, sampai sepatu terasa longgar dan nyaman untuk dikenakan.

Oleh karena itu, ada staf khusus yang bertugas untuk mengenakan sepatu yang akan digunakan sang ratu. Hal ini dilakukan agar ratu merasa nyaman ketika mengenakan sepatu saat melakukan urusan dan tugas kenegaraan.

4. Sersan bendera

Sersan bendera istana kerajaan di Inggris. Source: The British Monarchy/ Flicker

Menaikturunkan bendera kerajaan sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Bagi petugas sersan bendera, mereka harus memastikan berkibarnya bendera dengan baik saat kehadiran ratu di luar maupun di dalam istana.

Bendera negara harus dinaikkan tinggi saat ratu tak hadir di istana. Kemudian bendera direndahkan ketika ratu ada di rumah. Kesulitan lainnya dari posisi ini ialah harus mengikuti ratu ke mana pun ia pergi ketika di istana.

Mereka menaikan dan menurunkan bendera ketika ratu masuk dan keluar dari satu tempat ke tempat lainnya.

3 dari 3 halaman

5. Penjaga angsa ratu

Selain punya puluhan corgi, Ratu Inggris Elizabeth II juga punya banyak angsa di penjuru Inggris. Setiap tahun ada sensus semua angsa di Sungai Thames, yang disebut dengan swan upping. Perayaan tersebut kerap dilakukan pada minggu ketiga di bulan Juli.

Tugas penjaga dan penangkap angsa sangat diperlukan untuk mengumpulkan, melakukan sensus, serta mengecek kesehatan dari angsa milik sang ratu.

6. Memotong hidangan daging Ratu

Memotong irisan daging sebagai hidangan sang ratu. Source: Woman and Home

Posisi ini dinamakan the grand carver, biasanya mereka bertanggung jawab untuk memotong hidangan daging untuk ratu. Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengolah daging panggang secara khusus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.