Sukses

Jadi Mahasiswa Harus Peduli Lingkungan, Yuk Olah Kertas Bekasmu

Liputan6.com, Jakarta Tugas selalu menjadi beban terberat mahasiswa. Makalah, paper, artikel, tugas kelompok, dan masih banyak lagi. Kewajiban mahasiswa yang satu ini seringkali menyebabkan pemborosan kertas. Namun tenang saja, bagi para mahasiswa kreatif, pemborosan kertas ini bisa disulap menjadi penghematan kertas. Mau tau caranya?

Kertas-kertas bekas tugas mahasiswa yang normalnya hanya digunakan satu sisi, tentu dapat digunakan kembali dengan memanfaatkan sisi lainnya. Kamu bisa gunakan beberapa cara untuk membuat buku catatan dari kertas-kertas bekasmu.

Dengan memotong kertas-kertas tersebut ke dalam ukuran yang sama, lalu menambahkan karton atau bahan kertas lainnya yang lebih keras dari kertas isi (untuk menjadi cover), dan langkah terakhir tinggal menggabungkannya saja menggunakan lem atau tali pengikat.

1 dari 2 halaman

Mengolah Kertas Bekas

Cara sederhana ini bisa membuahkan manfaat yang banyak jika kamu melakukannya. Selain berhemat untuk tidak membeli buku catatan baru, kamu juga telah menunjukkan kepedulian terhadap ribuan hektar hutan tropis Indonesia yang dikorbankan untuk lembaran-lembaran kertas tadi. Jadi, masih mau buang-buang kertas?

 

Penulis:

Alca Octaviani

Universitas Multimedia Nusantara

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Jadikan Hobi Menulismu Sebagai Pintu Kesuksesanmu
Artikel Selanjutnya
Abraham Samad: Bibit Korupsi Bisa Tumbuh pada Anak Usia Dini