Sukses

Heroik, Bison Selamatkan Anak Gajah yang Diserang Kawanan Singa

Meskipun berbeda spesies, hewan ini memiliki rasa tolong menolong. Berkat bantuan dari para bison, nyawa anak gajah ini terselamatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan alam liar memang sangat mengerikan. Hukum rimba lah yang berlaku di alam liar. Siapa yang kuat, dialah yang bertahan. Berbagai spesies hewan ada di alam liar, dan mereka memiliki cara masing-masing untuk mempertahankan diri. Meskipun memiliki cara pertahanan sendiri, peluang mereka menjadi korban masih tetap ada terlebih lagi saat umurnya masih terbilang muda.

Hewan yang berumur muda merupakan hewan yang menjadi incaran utama para predator. Mereka yang belum dewasa sangat mudah untuk diserang. Seperti anak gajah ini, berkeliaran tanpa dikawal gajah dewasa, anak gajah ini nyaris menjadi santapan singa.

Seorang pengunjung safari bernama Jill Mathew berhasil mendapatkan video dramatis di Afrika Selatan. Mathew merekam kejadian detik-detik anak gajah yang hampir menjadi santapan singa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anak Gajah Berjalan Tanpa Pengawalan

Semua bermula di saat Mathew dan temannya meninggalkan perkemahan Punda Maria dan ingin melihat kehidupan binatang secara dekat. Beberapa saat kemudian Mathew melihat kawanan singa yang sedang menyerang mangsanya yaitu bayi gajah.

"Kami kaget dan tidak percaya, seekor anak gajah berpergian sendirian ke arah semak-semak. Anak gajah itu disergap oleh sekumpulan singa," ujar Mathew.

Diserangnya anak gajah tersebut ternyata terlihat oleh seekor bison. Tidak berlangsung lama, satu per satu bison ikut mendekati kawanan singa yang berusaha melumpuhkan anak gajah malang tersebut. 

 

3 dari 3 halaman

Diselamatkan Kawanan Bison

"Dari hamparan air, sekelompok bison memutuskan untuk datang dan menyelidiki. Bison dan singa adalah musuh abadi di alam liar, jadi ketika mereka melihat singa, mereka tidak bahagia," kata Mathews. "Bison tersebut memutuskan untuk menyelamatkan anak gajah." 

Akhirnya, kawanan bison mencoba mengusir kawanan singa yang membuat mereka tertekan. Kawanan singa tersebut sadar bahwa mereka tidak bisa melawan selain lari karena kalah dalam jumlah.

"Satu demi satu kawanan bison menghampiri kawanan singa, semua singa akhirnya pergi dan gajah kecil itu bangkit dan menyelamatkan diri untuk," terang Mathew.

Mathews mengatakan bahwa singa melakukan percobaan kedua terhadap kehidupan bayi gajah. Namun pemandangan itu dikaburkan oleh semak-semak sehingga dia tidak dapat melihat bagaimana situasi setelah itu.

Penulis

Reza Sugiharto

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.