Sukses

Tak Secanggih Sekarang, Ini 6 Wujud Awal Teknologi Mutakhir

Liputan6.com, Jakarta - Dengan berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi saat ini. Banyak ilmuwan yang berlomba-lomba menciptakan teknologi mutakhir agar bisa memudahkan manusia. Berkat para ilmuwan tersebut, kini kita bisa menggunakan teknologi dengan mudah.

Jika para ilmuwan tidak berkembang, otomatis teknologi yang kita gunakan tidak semudah sekarang. Seperti teknologi yang ada di keseharian kita. Pada awalnya diciptakan, teknologi yang biasa kita gunakan seperti televisi atau komputer akan sulit dioperasikan.

Jika tidak percaya, berikut enam penampakan awal dari teknologi mutakhir saat ini.

1 dari 7 halaman

1. Pesawat

Pesawat terbang yang lebih berat dari udara ini diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer. Pesawat tersebut diluncurkan pada tahun 1903, di sekitar Amerika Serikat.

Pesawat tersebut hanya bisa menampung satu orang dan jarak tempuhnya tidak bisa jauh seperti pesawat sekarang ini. Jika para ilmuwan tidak menyempurnakan teknologi pada pesawat, maka manusia tidak bisa terbang melintasi bumi.

2 dari 7 halaman

2. Lokomotif

Pada tahun 1774, James Watt memperkenalkan penemuan mesin uap stasioner pertamanya ke seluruh dunia. Kemuadian pada tahun 1800-an beberapa ahli mesin uap berhasil memodifikasi mesin uap rancangan Watt.

Mesin uap pertama mulai dioperasikan di sepanjang rel primitif pada tahun 1804. Saat itu Matthew Murray berhasil menampilkan lokomotif sederhana pertama. Namun, perhatian publik justru lebih banyak tertuju pada Richard Trevithick yang berhasil menciptakan “Penydarren,” sebuah lokomotif yang menarik beban setara 25 ton dan 70 orang.

Lokomotif Trevithick pun menjadi lokomotif pertama yang berhasil di dokumentasikan.

3 dari 7 halaman

3. Telepon

Telepon lahir dari penemuan Alexander Graham Bell. Pada tahun 1874, Bell mengembangkan ide untuk telepon di mana kabel yang digunakan pada telegraf tidak hanya dapat mengirimkan sinyal listrik berupa kode-kode Morse, tetapi juga dapat mengirimkan sinyal listrik yang dapat diubah menjadi suara.

Pada tanggal 10 Maret 1876, ketika sedang bekerja dengan assistennya di laboratorium, Bell berhasil mengirimkan suara pertama melalui telepon ketika dia memanggil assistennya, “Watson, come here. I want you.

Sejak saat itu, telepon mulai didemonstrasikan ke khalayak ramai dan terus dikembangkan hingga saat ini.

4 dari 7 halaman

4. Televisi

Teknologi pada televisi sudah ditemukan sejak 1800-an. Namun, pada saat itu hanya berupa komponen awal mula teknologi televisi. Pada tahun 1923, Vladimir Kosma Zworykin mendaftarkan paten atas namanya untuk penemuannya, kinescope, televisi tabung pertama di dunia. 

Dua tahun berselang tepatnya pada tahun 1925, sejarah perkembangan televisi menapaki babak baru ketika John Logie Baird yang berkebangsaan Skotlandia memperlihatkan televisi kepada umum untuk pertama kalinya, sehingga dia lebih dikenal sebagai penemu televisi ketimbang Vladimir Kozma Zworykin.

5 dari 7 halaman

5. Komputer

Cikal bakal komputer ini ditemukan oleh seorang pakar matematik bernama Charles Babbage pada tahun 1822. Dari alat inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh berbagai pihak sampai menjadi komputer canggih seperti yang kita kenal saat ini.

Komputer elektronik generasi awal, pertama kali diciptakan adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) pada 15 Februari 1946. ENIAC dirancang oleh dua orang profesor Universitas Pennsylvania yakni John Presper Eckert dan John W.Mauchly.

ENIAC ini sendiri merupakan komputer yang sangat besar yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, 5 juta titik solder,memiliki berat 27 ton dan menghabiskan daya sebesar 160 kW.

6 dari 7 halaman

6. Mesin X-Ray

X-ray pertama kali diperkenalkan oleh seorang profesor dari Jerman bernama Wilhelm Conrad Rontgen. Wilhelm dipercaya memimpin fakultas Fisika di beberapa perguruan tinggi di Jerman. Penemuan besar itu sendiri terjadi pada tahun 1895 di sebuah laboratorium di Wurzburg, Jerman. Wilhelm selalu tertarik dengan kaca dan kristal.

Pada saat itu, ia dan beberapa anggota timnya merekayasa sinar katoda yang kemudian disorotkan ke sebuah kaca yang dilapisi beberapa bahan kimia. Di luar dugaan, sinar atau gelombang hasil rekayasa Wilhelm bisa menembus lapisan yang dibuatnya. Padahal cahaya biasa tidak mampu menembusnya.

Dengan segera Wilhelm meninggalkan penelitian awalnya dan fokus pada gelombang jenis elektromagnetik baru yang ditemukannya secara tak sengaja itu. Karena ia sendiri belum memiliki nama untuk temuannya, maka sinar atau gelombang tersebut dijuluki Sinar X, atau X-Ray.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Keahlian yang Perlu Dimiliki Anak Agar Sukses di Masa Depan
Artikel Selanjutnya
Ilmuwan Kembangkan Cara Baru untuk Buktikan Keberadaan Alien