Sukses

Tips Menentukan Jurusan Berdasarkan 6 Tipe Kepribadian

Liputan6.com, Jakarta Sebagai calon mahasiswa baru, siswa SMA yang baru lulus biasanya dilema dengan jurusan apa yang akan dipilihnya. Terkadang orang tua pun turut memaksakan kehendak agar anaknya memilih jurusan yang ia inginkan.

Meskipun begitu, sebagai calon mahasiswa hendaknya kita memilih jurusan sesuai dengan kepribadian. Hal ini dianggap perlu karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, sehingga minat dan bakat yang dimiliki pun berbeda.

Dengan memilih jurusan yang sesuai minat, tentunya kita akan belajar dengan mudah dan senang. Berikut tips memilih jurusan sesuai dengan kepribadian.

1. Realistis (Pelaku)

Orang yang memiliki kepribadian realistis biasanya cenderung memilih pekerjaan yang berhubungan dengan alat, mesin, benda, binatang atau tanaman. Selain itu, orang dengan kepribadian ini lebih menyukai praktek daripada teori, serta kemampuan penunjang seperti komputer, pemrograman, dan matematika. Jurusan yang cocok dengan kepribadian ini antara lain, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Automotif, Teknik Sipil serta Farmasi.

1 dari 4 halaman

2. Investigatif (Pemikir)

Seseorang yang memiliki kepribadian Investigatif biasanya lebih intelek di lingkungannya. Ia cenderung memilih pekerjaan yang bersifat akademik, dan pandai memiliki kemampuan menulis. Jurusan yang cocok dengan kepribadian ini adalah Kimia, Fisika, Gizi, Biologi, Desain Periklanan, Perangkat Lunak, Krimonologi, Matematika Dan Ilmu Pasti Atau Eksakta.

3. Artistik (Pencipta)

Kepribadian ini cenderung lebih memilih berkomunikasi secara tidak langsung, dan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Orang artistik selalu memiliki inovasi baru dengan daya intuitifnya, menyukai hal yang tidak terstruktur, berimajinasi tinggi, dan sensitif. Jurusan yang tepat untuk tipe ini adalah Seni Rupa, Seni Tari, Desain Komunikasi Visual, Desain interior, Arsitektur, Seni Tari, Seni Musik, dan Bahasa.

2 dari 4 halaman

4. Sosial (Penolong)

Biasanya orang-orang dengan kepribadian ini lebih memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain dan berhubungan dengan banyak orang. Kepribadian ini terkenal pandai bergaul, bertanggung jawab, responsive, dan memiliki kecakapan verbal. Jurusan yang sesuai dengan kepribadian sosial yaitu: Psikologi, Bimbingan Konseling, Komunikasi, Sosiologi, Sekretaris, Guru PAUD dan SD.

5. Enterprising (Pembujuk)

Orang dengan kepribadian ini biasanya memiliki keterampilan berbicara pada saat ada kesempatan untuk mempengaruhi orang lain. Mudah beradaptasi, memiliki perhatian besar terhadap kekuasaan, status dan kepemimpinan, dan suka berdebat. Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah Manajemen, Bisnis, Komunikasi, Hubungan Internasional dan Marketing Komunikasi.

3 dari 4 halaman

6. Konvensional (Pengatur)

Pekerjaan yang bersifat data biasanya dipilih oleh seseorang pemilik kepribadian ini. Tipe ini bisa diandalkan dalam bidang administrasi dan pekerjaan yang berhubungan dengan angka yang rumit dan detail. Jurusan yang berhubungan dengan IT sangat cocok dengan kepribadian ini. Selain itu, jurusan yang memerlukan pemikiran kuat seperti Statistik, Ekonomi, dan Administrasi juga bisa menjadi pilihan tipe kepribadian ini.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama) Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Anak Muda Gemar Berbisnis, Ini Kesempatan Menangkan Jutaan Rupiah
Artikel Selanjutnya
Mau Dapat Modal Usaha Rp 25 Juta? Yuk Ikut Kompetisi Ini