Sukses

6 Negara Terkecil di Dunia, Bisa Dijelajahi dalam Sehari

Liputan6.com, Jakarta - Di bumi ini terdapat ratusan negara yang terdaftar di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Mendengar kalimat negara, tentunya sebagian besar atau semua orang langsung membayangkan dataran atau wilayah yang luas.

Namun, kenyataannya dari semua negara yang terdaftar nyatanya tidak seluas yang kita kira. Ada negara yang ukurannya lebih kecil dibandingkan sebuah kota di negara yang besar. Sebagian besar negara kecil ini ditemukan di Eropa, Karibia, dan Pasifik.

Ada banyak negara di dunia yang luasnya kurang dari 400 km persegi. Kami berhasil merangkum enam negara terkenal yang menyandang predikat sebagai negara terkecil di dunia.

1 dari 7 halaman

1. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall atau secara resmi disebut Republik Kepulauan Marshal, adalah sebuah negara yang dapat ditemukan di Samudra Pasifik. Negara ini dianggap sebagai bagian dari Federaso Mikronesia. Federasi Mikronesia adalah sebuah negara berdaulat di Samudra Pasifik.

Luas wilayah negara ini adalah 181 kilometer persegi. Hal ini membuat Republik Kepulauan Marshal menjadi bagian negara terkecil di dunia.

2 dari 7 halaman

2. San Marino

Negara di dalam negara, mungkin kalimat ini cocok untuk negara San Marino. San Marino adalah negara yang ada di dalam wilayah Italia. San Marino memiliki luas total 61 kilometer persegi. Negara ini diklaim sebagai negara berdaulat tertua yang masih ada di dunia.

3 dari 7 halaman

3. Malta

Malta adalah negara yang terletak di Laut Mediterania. Selain memiliki keindahan yang mengaggumkan, ternyata Malta merupakan bagian dari negara terkecil di dunia. Republik Malta terdiri dari tiga pulau yaitu Gozo, Comino, dan Malta. Diantara ketiga pulau tersebut, Malta yang memiliki wilayah paling besar yaitu 316 kilometer persegi.

4 dari 7 halaman

4. Vatikan

Vatikan adalah negara suci bagi umat Kristiani. Ternyata Vatikan adalah bagian dari negara paling kecil di dunia. Rumah bagi gereja terbesar di dunia yaitu St. Peter's Basilica ini memiliki luas wilayah 0,44 kilometer persegi.

5 dari 7 halaman

5. Sealand

Sealand mungkin bisa dikatakan sebagai negara paling kecil di dunia. Negara ini mengklaim Rought Tower, yaitu sebuah platform besar yang terletak di laut utara sekitar 12 kilometer dari pantai Suffolk, Inggris. Negara ini mengklaim memiliki luas keseluruhan sekitar 0,004 kilometer persegi.

6 dari 7 halaman

6. Maldive

Maldive atau Maladewa adalah negara kepulauan yang memiliki keindahan bahari yang luar biasa. Ternyata di balik keindahannya, Maladewa merupakan bagian dari negara terkecil di dunia. Maladewa memiliki luas 300 kilometer persegi.

Selain itu, Maladewa juga memiliki 1.192 kepulauan karang yang tersebar, hal ini menjadikannya sebagai salah satu negara yang paling tersebar di dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
8 Negara dengan Utang Paling Sedikit di Dunia
Artikel Selanjutnya
5 Negara Terbaik untuk Investasi, RI Nomor Berapa?