Sukses

5 Penemuan Jenius Malah Bahayakan Manusia, Apa Saja?

Beberapa penemuan jenius ini justru malah menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Penemuan merupakan hasil penelitian ilmuwan yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Selain itu, sebuah penemuan juga memiliki tujuan memecahkan misteri alam yang ada di dunia.

Akan tetapi, ada beberapa penemuan jenius yang justru malah menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan manusia. Apa aja penemuannya? Berikut ulasannya.

1. Freon/CFCs

Freon/CFCs merupakan gas yang pada umumnya digunakan dalam industri yang menyediakan teknologi pendingin. Penemuan ini ditemukan oleh ilmuwan yang bernama Thomas Midgley pada tahun 1930.

Namun, pembuatan CFC dihentikan pada tahun 1995 karena menyebabkan kerusakan lapisan ozon. Seteleh CFC dilarang digunakan, penggunaan amonia meluas, lalu diikuti dengan propana dan butana yang kurang korosif, serta isobutana yang saat ini digunakan secara luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Asam Lisergat Dietilamida (C20H25N3O LSD)

Penemuan ini ditemukan oleh seorang ahli kimia asal Amerika yang bernama David Nichols. Awalnya, penemuan ini ditujukan untuk pengobatan depresi dan penyakit parkinson. Namun, pada akhirnya penemuan ini malah disalahgunakan banyak orang untuk menciptakan narkotika yang mematikan.

3 dari 5 halaman

3. Dinamit

Penemuan ini ditemukan oleh Alfred Bernhard secara tidak sengaja. Diresmikan pada tahun 1886, dinamit merupakan peledak yang awalnya ditujukan untuk memenuhi keperluan di tambang. Namun, penemuan ini malah disalahgunakan banyak orang untuk menjadi senjata perang yang sangat mematikan, bahkan melebihi bom atom.

4 dari 5 halaman

4. Heroin

Heroin ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Jerman yang bernama Heinrich Dreser. Sebenarnya, penemuan ini digunakan sebagai obat penenang untuk mengobati penyakit seperti trauma fisik, dan kanker stadium akhir. Namun, saat ini banyak yang menyalahgunakannya sehingga banyak menimbulkan kematian, khusunya pada generasi muda.

5 dari 5 halaman

5. Senjata Kimia

Senjata kimia adalah senjata yang memanfaatkan racun kimia untuk melukai, melumpuhkan, serta membunuh musuh.

Senjata kimia paling ringan yang sering digunakan adalah gas air mata yang bisa menyebabkan iritasi pada mata maupun pada sistem pernapasan. Sedangkan, senjata kimia yang paling berbahaya, antara lain Hydrogen Chyanide, Sulfur Mustards, dan masih banyak lagi tentunya.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/penemuan-jenius-justru-malah-membahayakan-umat-manusia/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.