Sukses

Tak Butuh Pasangan, Wanita Tiongkok Kini Pilih Pacar Virtual

Liputan6.com, Jakarta - Mempunyai pacar kini tampaknya bukan lagi menjadi impian banyak kaum hawa. Masalahnya kini para wanita lebih menyukai pacar virtual lo.

Di dalam gim ini para gadis bisa langsung memiliki empat pacar sekaligus. Ya, di Tiongkok gim simulasi kisah percintaan ternyata menjadi populer di kalangan para gadis. Bahkan mereka mengalami kecanduan sampai memberikan keuntungan yang besar bagi developer gim.

Ternyata bukan hanya pria yang bisa kecanduan terhadap gim, perempuan juga dapat mengalami hal serupa. Fenomena yang tengah booming di Tiongkok adalah banyaknya kaum hawa yang keranjingan memainkan gim simulasi percintaan.

Para developer gim umumnya menggunakan karakter lelaki yang tampan agar menarik perhatian wanita untuk memainkannya.

Beberapa di antaranya menawarkan fitur di mana dapat berinteraksi dengan karakter, mulai dari mengirim pesan hingga menelepon layaknya seperti seorang pacar. Itulah yang membuat banyak perempuan di Tiongkok mulai terobsesi dengan gim populer bernama Love and Producer.

Sebelumnya, gim Mystic Messenger buatan developer Korea sudah terlebih dahulu populer di kalangan gadis di banyak negara. Meski begitu, Love and Producer juga terbilang tak kalah populer. Meskipun baru diluncurkan pada Desember 2017, diperkirakan terdapat dua juta lebih pemain aktif dalam gim.

 

1 dari 3 halaman

Konsep Permainan Simulasi

Seperti kebanyakan gim simulasi percintaan lainnya, Love and Producer memiliki empat karakter tampan dengan kepribadian dan latar belakang yang berbeda. Konsep cerita mereka di ambil dari visual novel, yang interaktif asal gim Jepang di tahun 1990.

Pemainnya diharuskan untuk menyentuh layar ponsel mereka dan menyaksikan teks naratif. Setelah itu biasanya para pemain akan diberikan pilihan untuk mengarahkan ceritanya dengan banyak arah yang berbeda. Ending pejalanan dalam permainan ditentukan dari pilihan para pemain.

Selain itu, para karakter dalam gim bisa menelepon para pemain serta mengirim teks pesan. Pemain bisa memberikan banyak respon kepada karakter favorit mereka. Apalagi balasan teks pesan dari karakter, berisikan tulisan romantis yang dapat bikin meleleh banyak gadis yang memainkannya.

Sama seperti gim lainnya, pihak pengembang gim Love and Producer tak hanya bisa diunggah secara gratis saja. Biasanya ada kebijakan tertentu dalam gim mereka, agar para pemain dapat terdorong untuk mengeluarkan uang mereka. 

Misalnya saja untuk bisa berkencan dengan tokoh karakter dalam gim, para pemain membutuhkan sejumlah purple diamond untuk mengaksesnya. 'Purple diamond' hanya bisa didapatkan dengan cara mengeluarkan uang atau melalui tugas tertentu dalam gim. Hal ini dianggap menjadi strategi jitu untuk meraup sejumlah keuntungan.

Bagi para gadis-gadis single, gim simulasi seperti ini terbilang sangat menarik. Developer Love and Producer yakni, Pape Games sampai meraup untung besar setidaknya mencapai 200 juta yuan atau setara dengan 425 miliar rupiah, setelah dua bulan diluncurkan. Selain itu mereka juga dianggap sebagai aplikasi terlaris di China App Store.

2 dari 3 halaman

Makin Banyak Wanita yang Suka Gim

Sebelum meluncurkan Love and Producer, Pape Games developer gim yang berbasis di Shanghai, Tiongkok telah berhasil meraup kuntungan dengan gim Miracle Nikki.

Gim tersebut, merupakan gim fashion yang diluncurkan pada 2015, di mana para pemainnya mengeluarkan banyak uang untuk membeli baju-baju bagus untuk karakter mereka dalam gim tersebut.

"Simulasi dan koleksi karakter merupakan tema permainan yang feminim dan populer, apalagi jika ditambahkan kisah cinta di dalamnya," kata Turian Tan, Analisis Gim dari firma IDC di Beijing, melansir Quartz, Senin (5/2/2018).

Menurutnya, pemain wanita sangat aktif bermain gim berbasis ponsel yang sangat mudah dioperasikan, santai, dan memiliki konten feminim. Dari situ, wanita pemain gim di Tiongkok juga mengalami peningkatan. Tak hanya pada gim feminim saja, beberapa gim heroik juga banyak diminati oleh para wanita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Anak Acha Septriasa Sudah Cinta Film sejak Bayi
Artikel Selanjutnya
Kevin / Marcus Bicara soal Kemenangan atas Rian / Hendra