Sukses

Pendidikan Angklung untuk Pendidik Usia Dini

Angklung kini mulai diperkenalkan pada anak-anak usia dini. Di Saung Angklung Udjo, anak usia dini, diajarkan tentang sejarah alat musik angklung dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap musik angklung. (Pengirim: Boby Roska Prambani)

Citizen6: Angklung kini mulai diperkenalkan pada anak-anak usia dini. Di Saung Angklung Udjo, para orang tua yang merupakan pendidik anak usia dini, diajarkan tentang sejarah alat musik angklung dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap musik angklung.

Pelatihan seni musik angklung ini, dihadiri oleh ratusan ibu-ibu yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat yang merupakan guru taman kanak-kanak. Pada kegiatannya, diterangkan bagaimana cara memainkan angklung, sejarah angklung serta penerapannya pada anak usia dini. Sehingga mampu mengembangkan sistem motorik anak. Atik, yang merupakan salah satu pengunjung mengungkapkan bahwa, kegiatan seperti ini baik untuk memberikan pemahaman tentang musik pada anak usia dini dengan bantuan para pendidik atau guru. "Saya sangat setuju dengan digelarnya acara seperti ini, karena selain memberikan pemahaman tentang angklung, juga menumbuhkan rasa kecintaan terhadap warisan budaya ini," ungkap Atik.

Sam Udjo yang merupakan pemilik Saung Angklung Udjo, akan secara rutin mengadakan pelatihan dan seminar seperti ini, guna mensosialisasikan angklung pada khalayak luas. "Dengan digelarnya acara seperti ini, diharapkan anak-anak usia dini merasa memiliki dan lebih mencintai alat musik warisan budaya ketimbang alat musik luar," tutur Sam.

Selain itu, pelatihan alat musik angklung pada pendidik usia dini ini bertujuan agar pendidik mengajarkan kembali pada anak didiknya. "Kita berharap dengan diberikannya pemahaman tentang angklung, eksistensi alat musik angklung tidak hilang dimakan usia". Pungkas Sam. (Pengirim: Boby Roska Prambani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini