Sukses

Heboh di Medsos, Menurutmu Ini Ikan Hiu atau Lumba-Lumba?

Foto ikan setengah hiu dan setengah lumba-lumba ini bikin heboh jagat maya. Bagaimana menurut ahli kelautan?

Liputan6.com, Jakarta Penemuan seekor makhluk laut misterius yang beredar dari sebuah foto, menggambarkan setengah ekor ikan hiu dan setengah lumba-lumba. Mahkluk yang tak diketahui jenisnya itu, seketika telah membuat heboh dunia maya, lantas sebenarnya makhluk apa yang ditemukan itu?

Jika dilihat sekilas, binatang air itu memang tampak seperti seekor lumba-lumba, namun tetap saja masih terlihat aneh jika diamati lebih jeli.

Mulanya, gambar yang menghebohkan itu berasal dari seorang netizen bernama Kellie Wilson. Ia sendiri yang mengunggahnya ke laman instagram dengan menuliskan keterangan seperti berikut: “Hiu atau lumba-lumba?!? Atau hiu dan lumba-lumba? Atau hanya lumba-lumba terlihat seperti hiu ...?!”.

Sontak saja foto yang diunggahnya 2 hari lalu itu langsung mendapat banyak komentar dari warganet. Banyak yang meyakini bahwa itu adalah hiu, tapi tidak sedikit juga bersikeras bahwa gambar itu adalah seekor lumba-lumba.

Foto tersebut diambilnya di Pantai Duranbah, Queensland, Australia. Ia sebenarnya hanya bergurau dengan mengatakan bahwa, bisa jadi binatang itu adalah setengah hiu dan setengah lumba-lumba. Namun kata-kata yang ia layangkan ke publik justru membuat lini media sosial jadi heboh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Namun sebuah akun bernama @zeal.freemind, rupanya ingin memberikan pendapat soal gambar yang Wilson unggah, dan berkata seperti ini:

"Saya juga seorang ahli zoologi / ekologi dan hampir menyelesaikan gelar di Ilmu Lingkungan dan telah menghabiskan sebagian besar hidup saya untuk belajar dan bekerja dengan hewan dari segala jenis. Binatang di foto Anda adalah lumba-lumba. Jarak sirip dada jauh dari sirip punggung yang secara jelas mengidentifikasinya sebagai lumba-lumba. Ekornya terlihat seolah ada sesuatu yang tertangkap di sekitarnya atau hanya bisa menjadi kesalahan dalam foto karena distorsi air yang sangat umum terjadi pada foto hewan di air."

Sementara akun @Meye_Miniwavesmengometari: "Itu seutuhnya adalah seekor hiu dengan tipu daya evolusi sirip lumba-lumba!"

Akun lainnya bahkan ada yang mengklaim itu bukan hanya lumba-lumba, tapi juga sepasang pesut.

Wilson sendiri mengungkapkan, tadinya ia tidak memperhatikan sosok gelap itu sampai dia mengunggah foto tersebut ke laptopnya di malam hari.

"Saya menguploadnya karena saya ingin mencari surfer ... ternyata itu sebenarnya anak temanku, dia juga tidak yakin apa itu,” jelasnya

3 dari 3 halaman

Laporan Ahli Kelautan

Mengutip situs Daily Star, Wilson pun kemudian dilaporkan menghubungi ahli kelautan Sea World, Trevor Long.

Trevor menjelaskan kemungkinan makhluk tersebut adalah seekor lumba-lumba. “Hanya terlihat seperti ekor datar karena terdistorsi oleh sudut gelombang,” katanya.

Tapi salah satu netizen malah marah dan bersi keras mengatakan bahwa itu Sea Worldharus, "Aku akan melatih siapa pun yang mengatakan itu lumba-lumba".

Kalau menurut Anda, hewan itu tampak seperti hiu atau seekor lumba-lumba?

 

Penulis:

Dhita Adhitya

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan berbagi informasi terbaru dan unik melalui email:Forum@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini