Sukses

Sulit Konsentrasi? Lakukan 5 Cara Ini Biar Fokus Kerja Lagi

Hilangnya konsentrasi akan sangat mengganggu pekerjaan. Oleh karena itu, kamu butuh mempersiapkan lima hal ini sagar tetap sellau fokus

Liputan6.com, Jakarta - Fokus memang menjadi hal terpenting saat kita beraktivitas atau bekerja. Untuk menghadapi banyak hal dalam seharian, fokus sangat diperlukan agar memudahkan kita berkonsentrasi sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Sayangnya, beberapa hal seperti mengantuk atau memikirkan hal lain dapat mengurangi fokus dan konsentrasimu dalam bekerja. Untuk itu lima hal ini perlu kamu pikirkan agar selalu tetap fokus.

1. Energi

Jangan hanya karena mudah dibuat, sarapanmu jadi nggak sehat karena menu ini. (Sumber Foto: shutterstock/TheList)

Saat di pagi hari, jangan lupa untuk sarapan. Pentingnya sarapan adalah untuk membantu aktivitasmu sampai menjelang makan siang. Sarapan dapat memberikan energi di pagi hari.

Oleh karena itu, sarapan sangat penting dibutuhkan tubuh serta otak agar tetap terus fokus saat bekerja. Selain itu, untuk mendapatkan energi yang cukup, kamu perlu mendapat cukup tidur dan makan secara teratur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Emosi

Suasana hati dan emosimu punya pengaruh besar terhadap fokusmu untuk melakukan aktivitas dan bekerja. Jika tempatmu bekerja sangat mempengaruhi emosimu, membuatmu merasa takut ataupun merendahkanmu, maka hal ini dapat berpengaruh kepada kinerjamu.

Itu sebabnya kamu sangat perlu untuk memahami dirimu sendiri dikala menghadapi hal tersebut. Kamu perlu mengendalikan emosimu agar tak selalu merasakan hal demikian. Jika kamu bisa mempertahankan emosimu saat bekerja, hal ini dapat berpengaruh besar terhadap fokusmu dalam bekerja.

3. Rasa Tertarik

ilustrasi pekerja senior dengan pekerja muda

Daya tarik membuat orang bisa semakin semangat dalam melakukan sesuatu. Kamu perlu tertarik terhadap sesuatu agar tetap bisa fokus. Dengan mengerjakan sesuatu yang erat hubungannya pada hal-hal yang membuatmu tertarik, tindakan tersebut dapat terus membuatmu termotivasi.

Minat dan motivasimu dalam bekerja dapat menimbulkan rasa kepedulian terhadap pekerjaan. Jika kamu malah mengalami hal sebaliknya, hal itu dapat menyebabkan kurangnya produktivitas dalam pekerjaanmu.

3 dari 3 halaman

4. Mengatur Jadwal

Untuk mengatur aktivitasmu sehari-hari, kamu perlu membuat perkiraan jadwal. Saat mengikuti jadwal yang telah dibuat, kamu bisa mengikuti prioritas apa yang kamu perlu lakukan dan apa yang mesti kamu hindari.

Dengan adanya jadwal yang struktur, kamu bisa terfokus untuk mengikuti kegiatan yang ada sehingga menguangi kekacauan dalam hidupmu. Hal ini juga sangat berguna agar membuatmu tetap fokus.

5. Mengendalikan diri

Source: http://www.apa.org

Pengendalian diri merupakan hal terpenting yang perlu kamu lakukan agar tetap bisa fokus. Ketika kamu merasa kehilangan kendali, hal ini dapat membuat pekerjaanmu menjadi kacau dan berantakan.

Oleh karena itu, jangan terdorong untuk melakukan hal-hal yang dirasa tak menguntungkanmu dalam bekerja. Tindakan mengendalikan diri perlu dilakukan agar kamu tidak membuang buang waktu dan menggunakan waktumu secara efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini