Sukses

Hidup Berkualitas di Usia Senior

RS Royal progress mengadakan seminar "Hidup berkualitas di Usia Senior" yang diadakan di Paradise Conventiona lantai 8, Sabtu (26/3) kemarin. (Pengirim: Ditia Anindita)

Citizen6, Jakarta: Rumah sakit Royal Progress kembali menyelenggarakan seminar kesehatan rutin untuk awam. Seminar  bertemakan "Hidup Berkualitas di Usia Senior" merupakan komitmen untuk memberikan edukasi dan tips preventif penyakit-penyakit yang biasa timbul saat usia lanjut. Bagaimana cara menghindari dan tips guna meningkatkan kualitas hidup di usia geriatri.

Seminar yang diadakan di Paradise Convention lantai 8, Sabtu (26/3) kemarin. Berjalan sukses dengan kehadiran 80 peserta yang tidak hanya dihadiri oleh usia geriatri tapi juga dihadiri dari usia 50 tahun keatas. Hal ini menunjukkan tingginya kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan pencegahan penyakit tanpa menunggu memasuki usia geriatri. 

Registrasi yang dibatasi hanya 80 orang, diberi kesempatan berkualitas untuk sesi tanya jawab dengan dokter. Disini juga disediakan pemeriksaan gratis mata, air mata (dry eye syndrome) dan tes kepikunan. Dalam penelitian, dr. Daniel Dongoran, spesialis syaraf, menyatakan bahwa dengan penanganan yang tepat, kepikunan dapat dicegah dan jika sudah terjadi dapat diperlambat.

Saat seminar dimulai, pertama dibicarakan adalah masalah yang sering muncul pada saat usia geriatri yaitu masalah tidur. "Ada tipe orang yang short sleeper dan long sleeper, jadi tidur yang utama bukan pada lamanya tetapi dari kualitas tidur. Gangguan tidur sebaiknya segera diatasi jangan menunggu ketergantungan obat tidur baru mengunjungi psikiater," ucap dr. Dharmawan, SpKJ, dari klinik psikiatri.

Selain itu, dr.Cosmos Mangunsong, SpM, juga memberitahukan bahwa sering pasiennya yang usia lanjut menjalani hidupnya dengan penglihatan yang kurang jelas karena masalah katarak. "Sayang sekali bila kualitas hidup tidak ditingkatkan karena dengan teknologi baru, operasi katarak bisa dikerjakan dalam tindakan selama 15-30 menit, katarak dapat dengan mudah diatasi" tambah dr. Cosmos, SpM. (Pengirim: Ditia Anindita)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.