Sukses

Waspada, Hal Mengerikan Ini Terjadi jika Minum Ketika Panas

Ternyata ada penyakit yang mengintai jika kita sering minum-minuman panas disertai dengan merokok.

Liputan6.com, Jakarta - Minuman teh dan kopi memang kerap dikonsumsi saat panas atau hangat. Sayangnya, ada ancaman yang mengintai untuk orang-orang yang sering kali mengonsumsi minuman panas.

Minuman panas apalagi disertai sambil merokok ternyata punya efek yang fatal bagi tubuh. Apalagi jika kedua hal itu sering dikonsumsi secara bersamaan, sekaligus ditambahkan dengan seringnya minum alkohol.

Peneliti mengkhawatirkan, tindakan tersebut dapat meimicu terjadinya kanker esofagus. Namun jangan dulu khawatir jika kamu bukan termasuk ke dalam golongan perokok, dengan mengonsumsi minuman panas atau hangat.

Penelitian ini dilaksanakan di Tiongkok, untuk melihat adanya keterkaitan antara perokok berat sambil mengonsumsi minuman panas. Hasil yang mereka temukan dalam dua kaitan tersebut ternyata dapat memicu terjadinya kanker esofagus yang dapat terjadi pada kerongkongan manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kematian Bikin Miris

Kamu mungkin jarang mendengar kanker tersebut, padahal kanker itu dapat terjadi pada esofagus dapat menyebabkan kematian dengan pekiraan 400 ribu orang setiap tahunnya, menurut data dari International Agency for Research on Cancer.

Menurut para tim peneliti, tingkat hidup dari para pengidap kanker esofagus juga hanya mencapai 18 persen. Untuk menguji hal ini, para peneliti melibatkan 500 ribu orang dewasa untuk melihat kaitan antara minum-minuman panas dengan kebiasan buruk merokok.

Untuk melihat hasil penelitian tersebut, peneliti sampai membutuhkan waktu sampai 10 tahun. Kesimpulan yang mereka dapatkan, satu rokok per hari ditambah minuman panas dengan derajat 65 °C, disertai kebiasaan mengonsumsi alkohol bisa memicu terjadinya kanker lima kali lebih berisiko.

"Mengiritasi lapisan kerongkongan dapat menyebabkan peningkatan peradangan lebih cepat pada bagian sel," tulis Neal Freedman, peneliti senior di National Cancer Institute, melansir Shared, Kamis (8/2/2018).

Freedman juga menambahkan bahwa cairan panas dapat mengganggu fungsi sel penghalang yang melapisi kerongkongan. Karsinogen dari rokok yang kerap kali dikonsumsi punya potensi besar untuk membuka dan membiarkan jaringan mengalami rusak semakin parah.

Penyebab timbulnya kanker esofagus juga semakin diperparah jika mengonsumsi alkohol. Oleh sebab itu, mengonsumsi minuman panas seperti teh dan kopi apalagi disertai dengan merokok malah memberikan dampak buruk pada tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini