Sukses

Meriahnya Rangkaian Acara Hari Pers Nasional 2018 di Padang

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari dan didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa Pers Nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peran penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Hari Pers Nasional juga merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri atas Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Mantan Ketua Dewan Pers Bagir Maman mengingatkan insan pers supaya dapat menjunjung tinggi etika. Pers juga harus mengedepankan kepentingan publik.

"Pers harus menjunjung tinggi etika. Dia harus mengedepankan kepentingan publik. Misalnya pada Pilkada Serentak 2018, kepentingan publiklah yang harus dilindungi," ujar Bagir di hadapan ratusan pelajar dan mahasiswa dalam Forum Literasi Digital Citizenship untuk Generasi Milenial dalam rangka Hari Pers Nasional 2018, di Hotel Basco, Padang, Sumatera Barat, Rabu, 7 Februari 2018.

1 dari 2 halaman

Atraksi Seni, Budaya, hingga Kuliner

Sumatera Barat tahun ini menjadi tuan rumah perayaan Hari Pers Nasional (HPN) ke-32 yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. HPN tahun ini mengangkat tema "Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan".

Sebelum acara puncak yang dimulai hari ini, Jumat, 9 Februari 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) telah mengadakan Minangkabau Summit 2018, yaitu berbagai acara pendahuluan untuk menyemarakkan peringatan HPN. Ada banyak rangkaian acara seperti ditampilkan berbagai atraksi seni, budaya, hingga kuliner.

Sementara itu, Museum Adityawarman Padang telah mengadakan pameran seni pada peringatan Hari Pers Nasional 2018. Selain foto-foto tokoh jurnalistik, ada juga replika surat kabar yang pernah terbit pada masa awal perjuangan, audio visual tokoh-tokoh pers, dan benda-benda peralatan kerja jurnalis masa lalu.

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan berbagi informasi terbaru dan unik melalui email: Forum@liputan6.com

 

 

Artikel Selanjutnya
Di Bawah Guyuran Hujan, Sandiaga Senam Pagi Bersama Pegawai
Artikel Selanjutnya
JK Bertolak ke Palangka Raya Jadi Saksi Nikah Gubernur Kalteng