Sukses

Selain Wisata Pecinan, Ini 5 Ide Lainnya Rayakan Imlek di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa Imlek 2018 tinggal menghitung hari. Imlek adalah tahun baru Cina yang dirayakan besar-besaran oleh warga keturunan Tionghoa di berbagai sudut dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Tahun baru Imlek 2018 rasanya akan lebih istimewa jika kamu bisa merasakan tahun baru Imlek di Jepang atau menyaksikan langsung tahun baru Imlek di Singapura. Ada banyak kegiatan khas Imlek yang bisa kamu nikmati sembari berlibur ke luar negeri.

Nah, buat kamu yang menghabiskan liburan bersama di Tanah Air, ada beberapa ide liburan tahun baru Imlek tanpa mengurangi rasa kemeriahannya, meski tidak ke luar negeri. Berikut lima ide merayakan liburan tahun baru Imlek 2018 yang bisa kamu lakukan.

1. Wisata Kuliner Pecinan

Libur tahun baru Imlek 2018 kali ini kebetulan jatuh pada Jumat. Artinya, kamu bisa memiliki waktu liburan panjang long weekend. Untuk menggali rasa, sebetulnya ada banyak tempat wisata kuliner Pecinan yang bisa kamu coba dan nikmati bersama keluarga.

Di daerah Jakarta, kamu bisa mendatangi kawasan Pasar Petak Sembilan, Glodok. Namun, bagi kamu yang muslim ada baiknya bertanya terlebih dahulu makanan yang hendak dibeli terutama kehalalannya.

Salah satu yang paling legendaris misalnya kunjungi saja Kopi Es Tak Kie yang kerap hadir pula dalam beberapa acara pameran kuliner di Ibu kota. Selain kopinya yang khas, kamu juga bisa mencicipi Pia Lao Beijing yang diolah tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali.

1 dari 5 halaman

2. Wisata Sejarah Bangunan Tua

Salah satu yang paling identik dengan kawasan Pecinan di beberapa sudut kota, baik di Indonesia maupun di luar negeri, adalah keberadaan kelenteng yang menjadi tempat ibadah warga keturunan Tionghoa.

Umumnya, kawasan kelenteng tidak berada jauh dari pasar. Sudah lumrah pula bila terdapat pasar, maka akan semakin mudah mencari kuliner khas di kawasan Pecinan. Selain itu, juga terdapat beberapa bangunan yang memiliki arsitektur unik khas Tionghoa, termasuk ornamen-ornamen yang menghiasinya.

2 dari 5 halaman

3. Wisata Religi

Kelenteng menjadi salah satu wisata religi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Pada saat Imlek, warga Tionghoa biasanya datang berbondong-bondong ke kelenteng untuk mendapatkan berkah agar umur panjang dan rezeki selama satu tahun ke depan.

3 dari 5 halaman

4. Nonton Barongsai

Kegiatan yang sangat identik dengan tahun baru Imlek 2018, tak lain dan tak bukan adalah pertunjukan Liong dan Barongsai.

Beberapa atraksi Barongsai kerap kali ditampilkan di beberapa pusat perbelanjaan. Sedangkan di kawasan Pecinan, biasanya diselenggarakan pawai dengan mengarak Naga Liong dan Barongsai secara bersamaan.

Yang menarik adalah interaksi anak-anak dengan Barongsai. Untuk mendapatkan keberuntungan warga keturunan Tionghoa pun membagi-bagikan angpau.

4 dari 5 halaman

5. Liburan Bersama Keluarga

Sejak tahun baru Imlek ditetapkan sebagai hari libur, perayaannya semakin meriah, tak seperti merayakan pergantian tahun baru Masehi. Tahun baru Imlek kali ini memasuki tahun Anjing Tanah. Warga percaya bahwa pada tahun baru Anjing Tanah menjadi saat yang tepat untuk memulai usaha bisnis atau mencari tempat tinggal hunian rumah.

Nah, untuk bisa merasakan langsung kemeriahan menyambut tahun baru Sincia 2018, tak ada salahnya membawa keluarga bersama untuk liburan pada saat libur Imlek 2018.

Kegiatan liburan bisa diisi dengan wisata kuliner, wisata sejarah sampai dengan wisata belanja. Tak sedikit toko yang memberikan promo Imlek menarik dengan diskon yang tidak sedikit.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/5-ide-liburan-tahun-baru-imlek-2018/

Artikel Selanjutnya
Semarak Perayaan Keberuntungan dan Cinta Di Grandkemang Jakarta
Artikel Selanjutnya
Dubai Shopping Festival, Solusi Belanja Murah di Dubai