Sukses

Kado Valentine Identik dengan Cokelat, Ini Sejarahnya

Liputan6.com, Jakarta - Kado Valentine identik dengan cokelat dan bunga. Namun kita tahu bahwa cokelat lebih mendominasi dan jadi Kado Valentine favorit yang diberikan ke orang terkasih pada tanggal 14 Februari.

Alasannya, cokelat disukai semua kalangan. Mulai dari anak kecil, orang dewasa hingga tua, cokelat kerap menjadikan makanan ini sebagai hadiah manis di hari kasih sayang atau kado Valentine.

Lantas apa kalian pernah bertanya-tanya, apa sebenarnya alasan yang membuat cokelat sangat identik menjadi kado Valentine?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarahnya

Ternyata ada banyak alasan mengapa cokelat patut dijadikan kado Valentine. Dikutip Bintang.com, ahli sejarah makanan dan penulis The American Plate mengatakan bahwa ribuan tahun yang lalu, Koloni Spanyol menjadikan budaya asli Meksiko dan Amerika Tengah.

Mereka menyantap minuman cokelat yang dicampur dengan air, sebagai cara untuk meningkatkan hasrat dan stamina tubuhnya. Tak hanya itu, sejarah Mesoamerican menyebut bahwa cokelat adalah barang mewah dan mahal yang hanya diperuntukan bagi orang-orang elite kelas atas.

Namun, seiring berjalannya waktu, pada 1600-an popularitas minuman tersebut pun sampai ke Eropa.

Nah, cokelat yang dianggap sebagai barang mewah ini dipilih sebagai kado Valentine karena dianggap mampu mewakili perasaan pemberinya yang begitu mencintai dan menghargai si penerima.

3 dari 3 halaman

Era Victorian

Secara teori dan sains pun cokelat dikatakan mampu meningkatkan kebahagiaan seseorang dan terbukti baik untuk jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan kaya akan nutrisi. Hampir secara naluriah pun pria mengenal cokelat sebagai cara yang tepat untuk merebut hati seseorang.

Selain itu, cokelat juga memberikan kesempatan pada pria untuk menunjukkan dan keahlian mereka untuk merayu kepada wanita tertentu. Di era Victorian di Inggris pun, masyarakatnya dipercaya menjalin hubungan antara cokelat, cinta, dan rayuan. Jadi, hal-hal itulah yang bisa dijadikan alasan mengapa cokelat identik dengan kado Valentine. 

So, selamat hari Kasih Sayang, sudahkah kalian memberikan cokelat untuk orang yang kalian cintai?

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6 dengan mengirimkan artikel unik dan terkini melalui email: Forum@liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.