Sukses

Ratusan Burung Jatuh dari Langit Amerika, Pertanda Apa?

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 200 lebih burung jatuh dari langit ke jalanan di Draper, Utah, Amerika Serikat, hal ini sontak membuat warga kebingungan.

"Ini adalah salah satu hal paling langka yang pernah saya dengar," kata Kepala Polisi Draper City Chad Carpenter seperti dirilis situs WREG.

"Anda seperti melihat awan hitam yang terbang di mana-mana, mereka jatuh berkelompok dengan mengeluarkan suara seperti bergumam,” tambah Carpenter.

1 dari 3 halaman

Berjatuhan Ke Tanah

Seorang warga, Lacey Brown pun membenarkan hal itu dan mengatakan bahwa ia melihat pemandangan burung-burung yang jatuh dari langit ketika sedang mengemudikan mobilnya.

"Mereka semua berjatuhan ke tanah di sekitar sini dan di jalan raya, seperti dedaunan yang berjatuhan,” ujar Brown.

Tapi, ternyata itu bukanlah daun, melainkan ratusan burung kecil yang biasa disebut burung jalak. Brown bahkan sempat menepi untuk melihat dan membantu orang yang membersihkan burung-burung itu dari jalan.

“Melihat kejadian ini sungguh menyayat hati,” katanya.

2 dari 3 halaman

Mengecoh Pemangsa

Para ahli mengatakan ini sebenarnya adalah teknik yang digunakan burung jalak untuk tetap hangat selama musim dingin dan sebagai suatu cara untuk menaklukkan burung pemangsa. Banyak orang di media sosial berspekulasi bahwa kejadian langka ini karena perbuatan alien di mana kawanan burung tersebut diracuni atau disambar petir, namun itu tidaklah benar.

"Tidak ada alien, tidak ada alat misterius, tidak ada racun. Ini hanya sesuatu yang aneh, aneh sekali," kata Carpenter.

Entah itu penyesatan atau kondisi cuaca yang terkait, yang pasti sesuatu menyebabkan timbulnya gemuruh dan kemungkinan menimpa kawanan burung itu. Draper Animal Services juga dikerahkan ke tempat kejadian untuk membersihkan burung dan mengumpulkan apapun yang masih hidup.

Sebanyak 17 burung yang ditemukan masih hidup kemudian dipindahkan ke pusat rehabilitasi setempat, harapannya agar mereka bisa pulih dan segera dibebaskan kembali ke alamnya. Meskipun ini jarang terjadi, Draper Police Department mengatakan jika hal seperti ini terjadi pada Anda, maka segera laporkan.

Penulis

Dhita Koesno

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan artile unik dan terkini melalui email: Forum@liputan6.com

 

Artikel Selanjutnya
Aksi Kopassus Minum Darah Ular di Depan Menhan AS Disorot Dunia
Artikel Selanjutnya
Gempa Bumi dan Gunung Berapi Guncang Kedua Sisi Pasifik