Sukses

Krim Kulit Ternyata Bisa Sebabkan Kebakaran, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa bahan-bahan yang ditemukan di sejumlah krim kulit populer, terutama yang digunakan untuk mengobati penyakit eksim dan psoriasis ternyata berkaitan dengan kasus kebakaran mematikan. Hal itu karena kandungan parafin yang terdapat di krim merupakan bahan yang mudah terbakar.

Bila krim kulit yang mengandung parafin terkena kain seperti pakaian, perban atau tempat tidur terlalu lama, hal itu bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Hal itu disampaikan salah satu petugas pemadam kebakaran senior di West Yorkshire, Inggris Chris Bell kepada BBC seperti dilansir News.com.au.

1 dari 3 halaman

Mudah Terbakar

"Orang-orang menggunakan produk kulit berbasis parafin untuk mengobati eksim, psoriasis dan berbagai masalah kulit lainnya. Mereka meletakkannya di sekujur tubuh dan beberapa bagian tubuh yang berbeda serta kadang melakukan perawatan diri karena kondisi kulitnya. Tapi sayangnya, krim itu bisa masuk ke kain, pakaian, perban dan pembalut, dan menjadi mudah terbakar,” kata Bell.

"Krimnya memang aman digunakan, tapi jika orang itu terkena nyala api atau sumber panas lainnya, mereka juga bisa terbakar,” ia menambahkan.

2 dari 3 halaman

Sudah Pernah Terjadi

Pengungkapan ini muncul setelah penyelidikan BBC yang menemukan sekitar 37 kematian yang dikaitkan dengan krim parafin di Inggris sejak 2010. Namun sekarang, diperkirakan jumlahnya makin meningkat. Menurut Bell, untuk sementara jumlah pastinya yang terkait dengan kebakaran karena krim ini memang tidak diketahui, kemungkinan berjumlah ratusan.

"Ratusan ribu orang menggunakannya, kami tidak yakin berapa banyak kematian akibat kebakaran yang mungkin terjadi, tapi bisa sampai ratusan," katanya. Produk tertentu yang mengandung parafin hanya bisa dibeli dari apotek, tapi banyak juga yang bisa dibeli di supermarket.

Krimnya memang aman digunakan untuk penyakit kulit seperti yang diinginkan. Namun, tetap ada peringatan tertulis akan bahaya yang mudah terbakar jika bersentukan dengan bahan kain.

 

Penulis

Dhita Koesno

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6 dengan mengirimkan artikel unik dan terkini melalui email: Forum@liputan6.com

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Tanpa Sadar Jadi Penyebab Rusaknya Rambutmu
Artikel Selanjutnya
Ketombe dan Kulit Kepala Kering, Ini Beda Cara Mengatasinya