Sukses

Sejarah Mengejutkan di Balik Pohon-Pohon Unik yang Bengkok

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda pernah berjalan-jalan di hutan, Anda mungkin pernah melihat pohon yang bentuknya bengkok. Kondisi itu membuat pohon terlihat unik dan kadang dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana mereka dibuat. Ternyata ada sejarah mengejutkan di balik pohon bengkok yang tak banyak diketahui.

Pohon-pohon yang bengkok bisa terbentuk secara alami, misalnya jika ditimpa oleh pohon tumbang atau rusak oleh cuaca. Namun, beberapa peneliti percaya bahwa beberapa pohon dengan sengaja ditekuk, ratusan tahun yang lalu.

Di Amerika Serikat, periset dan komunitas asli Amerika telah mengidentifikasi pohon bengkok sebagai penanda jejak. Mereka mengatakan bahwa pohon bengkok digunakan sebagai penanda jalan untuk suku asli sebelum kedatangan orang Eropa.

"Makna pohon-pohon bengkok ini, dapat memiliki perbedaan. Bisa menjadi penanda saat menyeberangi sungai, jalan yang tepat, sumber makanan. Pohon bengkok dapat menjadi pembeda antara hidup dan mati," kata ahli Dennis Downes seperti melansir dari Shared.com.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lusinan pohon-pohon bengkok seperti itu telah diidentifikasi di beberapa negara bagian lain di Amerika. Sulit untuk menemukan perbedaan antara pohon yang dibengkokkan sebagai petunjuk atau jejak dengan pohon yang bengkok karena sebab alami.

Di sisi lain, pohon-pohon yang dibuat dibengkokkan oleh suku asli Amerika biasanya kini telah berukuran sangat besar dan berusia ratusan tahun. Mereka biasanya hanya ditekuk beberapa meter dari tanah dan mengarah ke sungai atau bukit.

Terkadang, Anda bahkan bisa mengikuti jejak dari satu pohon ke pohon yang lain karena seringnya dibuat dengan rute panjang menuju tempat khusus. Sayangnya, hampir tak ada pohon bengkok yang dilindungi di Amerika. Perlahan-lahan, mereka ditebang satu per satu.

Artikel Selanjutnya
Menyerap Energi Cinta Pohon Pinus Pagi Hari
Artikel Selanjutnya
Bungker-Bungker Tua Menyeramkan di Kaki Gunung Nona Enrekang