Sukses

Tak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Punya Baju Pernikahan yang Unik

Penuh dengan riasan dan unik, pakaian adat pernikahan di 6 negara ini tidak kalah menarik dengan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan menjadi suatu momen yang dinantikan bagi tiap pasangan yang sudah merasa cocok satu sama lain. Pernikahan juga harus dilaksanakan sebaik dan sesempurna mungkin. Pernikahan sudah ada sejak dahulu kala yang membuat moemen sakral memiliki ciri khas yang dipadupadamkan dengan adat dan budaya.

Di Indonesia sendiri tidak jarang pasangan yang melakukan pernikahan sesuai dengan adat. Tidak jarang dari mereka duduk di bangku pelaminan dengan menggunakan pakaian adat. Pakaian adat pernikahan menjadi daya tarik tersendiri bagi keluarga dan tamu yang melihat.

Ternyata tidak hanya di Indonesia yang kedua mempelai menggunakan pakaian adat yang unik dan menarik. Di negara lain pun masih menggunakan pakaian adat dalam prosesi pernikahannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Rusia

Negara beruang merah ini juga ternyata memiliki pakaian adat untuk prosesi pernikahannya. Tidak kalah menarik dengan Indonesia, mempelai wanita Rusia akan menggunakan pakaian yang didominasi warna putih. Warna putih dilambangkan sebagai kemurnian dan kesucian.

Selain itu mempelai wanita akan menggunakan aksesoris penting untuk kepalanya. Ini membuat pengantin wanita terlihat layaknya seorang ratu.

3 dari 6 halaman

2. India

India merupakan negara yang kental dengan adat dan budayanya. Karena itulah mereka tidak bisa lepas dari adat dan budaya jika ingin melakukan sesuatu termasuk melakukan pernikahan.

Di budaya India, pengantin wanita selalu mengenakan pakaian adat yang bernama lehenga. Lehenga didominasi oleh warna merah dan motif berwarna emas. Tidak lupa juga mempelai wanita dikelilingi aksesoris emas dari kepala hingga kakinya yang membuatnya semakin menawan.

4 dari 6 halaman

3. Tibet

Ternyata Tibet memiliki banyak hal yang menarik untuk dilihat. Selain gunung Everest yang terkenal akan ketinggiannya, pernikahan masyarakat Tibet juga menarik untuk dilihat terutama pakaian adat pernikahan mereka. 

Wanita yang siap menikah biasanya mengepang rambut mereka. Hal ini menunjukkan ketersediaan mereka untuk menikah. Tidak hanya dibalut pakaian tradisional, mereka juga akan menambahkan perhiasan dan permata Tibet untuk mempelai wanita.

5 dari 6 halaman

4. Romania

Negara yang dikelilingi sungai dan danau ini ternyata memiliki pakaian pernikahan yang unik. Para mempelai wanita akan mengenakan fota dan marama. 

Fota merupakan rok yang terbuat dari katun atau wol yang kemudian dihias sehingga terlihat menarik dan lucu. Sedangkan yang ada di bagian atas disebut marama. Marama merupakan atasan yang menandakan bahwa wanita tersebut akan menikah.

 

6 dari 6 halaman

5. Korea

Orang Korea memiliki tradisi mengenakan Hanbok di pesta pernikahan atau pada acara-acara khusus lainnya. Hanbok wanita terdiri dari jeogori (baju) dan gaun Chima.

Sedangkan Hanbok pria berupa celana jeogiri dan baggy. Dengan menggunakan pakaian tersebut membuat mereka menjadi terlihat seperti bangsawan yang dari masa lampau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.