Sukses

5 Tempat Wisata Tahun Baru Imlek yang Masih Eksis di Pecinan Glodok

Beberapa tempat wisata di Pecinan Glodok, Jakarta, ini bisa menjadi referensi kamu untuk liburan di Tahun Baru Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Wisata tahun baru Imlek di Pecinan, Glodok, Jakarta, menjadi salah satu tempat yang sayang untuk kamu lewatkan. Kawasan Pecinan Glodok menjadi salah satu hal yang paling menarik dan atraktif dekat dengan pusat kota.

Jadi, kalau masih bingung pada saat long weekend liburan Imlek nanti hendak ke mana, beberapa tempat wisata ini bisa menjadi referensi kamu untuk liburan bersama teman atau pun keluarga. 

1. Kelenteng Jin De Yuan

Salah satu hal yang paling menarik untuk dikunjungi adalah kelenteng Jin De Yuan yang berlokasi di Petak Sembilan, Jakarta Barat. Kelenteng ini memiliki desain arsitektur yang sangat autentik. Bangunan tua dengan dominan berwarna merah dan juga aksesoris naga di bagian atapnya menjadi salah satu ciri khas kental bangunan asal Tiongkok.

Selain itu, di bagian depan pun kamu akan disambut dengan beberapa lampion yang digantung di atas teras. Kelenteng ini merupakan kelenteng tertua di wilayah Jakarta yang diperkirakan sudah berusia sekitar tiga setengah abad. Sebab, kelenteng ini didirikan sejak tahun 1650.

Uniknya, kelenteng ini dijadikan tempat sembahyang beberapa agama atau aliran lain, seperti Konghucu Budha dan Tao. Sejak pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, kebudayaan Tiongkok menjadi naik kelas. Ini perayaan Tahun Baru Imlek menjadi salah satu bagian yang kerap dimeriahkan setiap tahunnya di Ibu Kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pantjoran Tea House

Pantjoran Tea House adalah salah satu kuliner Glodok yang menjadi ciri khas Pecinan di Jakarta. Tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu kafe yang usianya pun sudah hampir tiga abad ini.

Kafe yang diberi nama Pantjoran Tea House ini sudah berdiri sejak tahun 1635, tidak berbeda jauh dengan usia kelenteng tertua di Jakarta, Kelenteng Jin De Yuan.

Bangunannya masih mempertahankan bentuk aslinya dengan sambutan bahasa Mandarin di pintu masuknya. Terlebih beberapa furnitur di dalam restoran pun tidak berbeda jauh dengan nuansa tempo dulu.

Beberapa kuliner khas Tiongkok dijajakan di sini dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa mencoba hakau, siomay, lumpia, sampai dengan kuliner yang sudah menjadi produk budaya akulturasi antara Tiongkok dan masyarakat lokal, yaitu tahu.

3 dari 5 halaman

3. Petak Sembilan

Kawasan Petak Sembilan dikenal sebagai Chinatown-nya Jakarta. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Petak Sembilan, mulai dari mengunjungi kelenteng tertua di Jakarta sampai dengan mencicipi aneka kuliner khas keturunan Tionghoa, seperti Bakmi Amoy di Gang Gloria.

Kawasan ini pun dikenal sebagai kawasan belanja yang murah meriah. Beberapa pedagang dari daerah membeli berbagai kebutuhan mulai dari mainan, alat tulis, obat herbal, sampai dengan pernak-pernik

4 dari 5 halaman

4. Jajan Seafood di Kalimati

Bagi pencinta kuliner, rasanya tidak akan pernah bisa melewatkan Seafood Kalimati Jakarta. Salah satu warung yang paling terkenal adalah Kalimati 94 Mulyono.

Warung di sepanjang jalan Hidup Baru, Kalimati, Pademangan, Jakarta Utara, ini mulai buka dari pukul 06.00 sore sampai dengan pukul 02.00 dini hari. Di sinilah kamu bisa menikmati aneka hidangan laut dengan olahan yang nikmat, mulai dari kerang dara, kerang hijau, udang goreng tepung, cumi asam pedas, baronang bakar, hingga kepiting saus padang yang menggiurkan.

5 dari 5 halaman

5. Pertunjukan Barongsai

Tidak lengkap rasanya jika mengikuti kemeriahan Tahun Baru Imlek tanpa menyaksikan pertunjukan Barongsai dan Naga Liong.

Meskipun kini pertunjukan serupa sudah ada di beberapa pusat perbelanjaan lainnya, namun akan berbeda rasanya jika kamu menyaksikan langsung di tempat asalnya di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/yuk-wisata-tahun-baru-imlek-di-pecinan-glodok-jakarta/

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini