Sukses

Cas Ponsel di Tempat Tidur Picu Kebakaran, Alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu menyadari kebiasaan banyak orang ketika mengisi ulang baterai ponsel? Biasanya mereka akan meninggalkan ponsel mereka diisi selama semalaman di dekat tempat tidur. 

Kebiasaan ini kerap kali dilakukan agar saat pagi harinya tidak lupa mengecas ponsel dan bisa langsung digunakan untuk beraktivitas.

Ternyata kebisaan tersebut dianggap sangat berbahaya. Pihak Departemen Pemadam Kebakaran dari New Hampshire memperingati risiko bahaya dari terjadinya kebakaran akibat charger.

"Peneliti mengungkapkan 35 persen remaja lebih sering mengecas ponsel mereka di dekat tempat tidur mereka atau di bawah bantal. Hal itu bisa menjadi sangat berbahaya," tulis akun Facebook Pihak Departemen Pemadam Kebakaran dari New Hampshire, melansir Shared, Sabtu (17/2/2018).

Jika ponsel ditaruh di bawah bantal selama semalaman untuk dicas, hal ini dapat menghasilkan charger makin panas. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Menghindarinya

Tindakan tersebut memang sangat kecil terlihat tak berisiko, tetapi sebenarnya hal itu sangat berbahaya karena memicu kebakaran. Risiko terjadinya kebakaran akan semakin meningkat apabila kamu tertidur sambil meninggalkan ponsel yang dicas dalam keadaan memutar video atau musik.

Memutar video dan musik dalam ponsel bisa menguras baterai, hal ini bertambah parah apabila digunakan saat dicas juga. Tindakan ini dapat membuat ponsel menjadi overheat karena mengalami banyak tugas, mengisi baterai sekaligus mengurangi pemakaian baterai secara bersamaan.

Akan bertambah parah jika ponsel tertutup kain maka tak bisa membuat panas dari ponsel menjadi bebas. Hingga akhirnya dapat memicu kebakaran. Akan tetapi, hal itu bisa dicegah kalau kamu mempertimbangkan lima hal di bawah ini: 

1. Jauhkan ponselmu di area tempat tidur saat dicas.

2. Kualitas chargeran juga amat penting, jangan sampai kamu membeli produk tiruan yang tidak terjamin keselamatan dan keamanannya.

3. Pastikan ponselmu tidak dalam keadaan memutar video atau musik saat dicas.

4. Jika ponselmu dalam keadaan panas berlebihan, ada baiknya untuk memilih mode off untuk mendinginkannya.

5. Cabut charger jika baterai ponsel sudah 100 persen terisi, itu sebabnya ada baiknya untuk tidak mengecas baterai semalaman karena kamu bisa mengawasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.