Sukses

Jangan Dibuang, Ini 8 Khasiat Hebat Teh Celup Bekas

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara untuk membuat teh. Salah satu cara yang praktis yaitu menggunakan teh dengan seduhan kantung teh di dalamnya.

Biasanya kantung teh akan dibuang tak berapa lama setelah air hangat menjadi warna kecokelatan. Namun, tips-tips berikut ini justru mencegahmu untuk tidak langsung membuang kantung teh.

Melansir Shared, berikut ini sejumlah kegunaan lainnya dari kantung teh.

1. Membersihkan Wajan

(Photo: Simple Most)  Kantung teh dapat mengatasi wajan yang kotor.

Makanan yang digoreng dalam wajan dapat membekas dan menimbulkan noda hitam. Jika kamu sedang sibuk dan tidak punya waktu untuk mencuci wajan, kamu bisa gosokan bekas dari kantung teh yang sebelumnya sudah direndam.

Kandungan dalam kantung teh juga dapat menahan lapisan wajan agar tahan karat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menghilangkan Bau

Air yang tumpah pada karpet dapat menimbulkan bau tak sedap. Kantung teh bersama dengan soda dan bubuk soda punya khasiat untuk menghilangkan bau yang tak sedap pada karpet.

Kamu cuman perlu taburkan soda kue dan taruh kantung teh di area yang bau pada karpet dan gunakan 15 menit supaya bau tak sedap bisa hilang. Karena terkenal menyerap bau, kantung teh juga bisa dimasuKkan ke dalam kotak pasir kucing agar dapat mengurangi bau menyengat pada tinja kucing pada pasir.

3. Menyegarkan Lemari Es

Ilustrasi Foto Freezer (iStockphoto)

Karena banyak bahan makanan yang dimasukKan ke dalam lemari es, hal ini dapat menimbulkan bau tak sedap dari kulkas.

Kamu bisa masukkan kantung teh ke dalam lemari es agar menyerap bau tersebut. Selain itu, agar bau dalam kulkas tak sering muncul, kamu juga perlu rajin untuk menggantinya.

3 dari 4 halaman

4. Meremdam Kaki

Menangani kaki yang lelah seharian bisa diatasi dengan merendamnya. Kamu bisa menggunakan kantung teh ketika merendamnya untuk membuat kaki menjadi lebih rileks, segar dan menghilangkan bau.

Selain itu, menyertakan kantung teh dalam rendaman kaki dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

5. Menjauhkan tikus

Tidak hanya mampu mengunyah kabel, tikus juga dapat menyebabkan kerusakan dan kekacauan lainnya di rumah Anda.

Tikus dan semut di dapur dapat menganggu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan teh di tempat-tempat di mana kedua hewan itu muncul.

Serta menambah esential oil pepermint agar menjauhkan mereka di rumah atau dapurmu. Agar terus mencegah mereka datang, kamu perlu rajin mengganti kantung teh.

4 dari 4 halaman

6. Mengatasi Luka Bakar

Di dapur terkadang ada saja kejadian yang tidak kita sangka, misalnya terkena api. Salah satu cara mengatasinya yakni bisa dialirkan dengan air kebagian luka bakar atau digosok menggunakan kantung teh yang telah dibasahkan.

Kantung teh dipercaya mengandung polifenol dan asam yang dapat meringankan inflamasi pada kulit terbakar.

7. Mengatasi Kantung Mata

mengatasi wajah berminyak dengan menggunakan kantung teh celup (via: istimewa)

Jika matamu terasa sembab kamu bisa berbaring selama 15 menit dan menaruh kantung teh basah di area mata. Cara tersebut dinilai dapat mengatasi kantung mata hingga lingkaran hitam di bawahnya. Selain itu, kandungan teh juga dipercaya dapat menghaluskan kulit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.