Sukses

Kolektor Komik dan Mainan, Yuk ke The Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018

Anda yang suka mengoleksi mainan dan komik tak boleh ketinggalan event yang satu ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta atau kolektor komik dan pameran mainan, event “The Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018” menjadi ritual wajib yang tidak boleh dilewatkan. Di balik terlaksananya pameran terbesar komunitas kolektor, mainan, komik, cosplay di Indonesia itu, terselip nama Riza Satyagraha (Sacca Production), sang inisiator terlaksananya event ini, yang dikenal luas di kalangan peserta pameran, kolektor, distributor game, maupun komunitas hobi terkait.

Pria yang juga gemar mengoleksi pernak-pernik Starwars ini, awalnya mempunyai impian besar untuk dapat menyelenggarakan event “Pop Culture” di Indonesia yang mengumpulkan dan melibatkan para pecinta komunitas mainan dan komik, tidak hanya untuk sekadar menjalin silahturahmi namun juga membuka peluang bisnis di antara sesama mereka. Demikian juga dengan pengunjung yang hadir, dapat menyalurkan minat mereka untuk membeli barang koleksi yang mereka inginkan selama ini.

“Ibaratnya hajatan ini seperti “lebarannya” para pecinta komunitas mainan dan komik. Ide ini tercetus semasa saya melanjutkan kuliah S2 Business Law di Monash University, Melbourne, Australia tahun 2000," komentar Riza, yang juga menjabat sebagai Chief of ORDER 66 Starwars Indonesia.

"Saat itu saya mengoleksi beberapa mainan Starwars dan setiap tahun di sana selalu ada  pameran Pop Culture yang sangat besar. Setelah saya pelajari, saya punya keinginan kelak akan menggelar pameran serupa tapi sekmennya mainan dan komik," tambahnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa setelah ia merampungkan kuliah dan kembali ke Indonesia, Riza pun mulai mencoba membuat baazar pecinta mainan dan komik dengan skala kecil di GOR Bulungan pada tahun 2005. Waktu itu, pesertanya hanya sekitar 50 booth dan dihadiri 1.550 pengunjung.

"Alhamdullilah, kini semakin berkembang dan sudah mememasuki penyelenggaraannya yang ke 14 kali," ungkap dia.

 

 

The Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018 akan dilaksanakan selama dua hari (dari pukul 10.00 s/d 21.00 WIB) pada tanggal 24-25 Februari, di Kartini Expo - Balai Kartini Jakarta. Diperkirakan, acara ini akan dibanjiri oleh sekitar 25 ribu pengunjung yang datang dari berbagai kota di Indonesia bahkan luar negeri.

Terdapat sekitar 300 booth dan juga berbagai acara menarik lainnya yang telah disusun panitia, seperti pameran mainan langka, action figure, aksi cosplay, meet and greet promo film PARTIKELIR karya Pandji Pragiwaksono yang terinspirasi komik keluaran Elexmedia, dan juga kehadiran bintang tamu salah satu icon dunia cosplay, Miss NADIASK dari Milan, Italia.

“Harapan saya event tahun ini semoga lebih baik dari tahun sebelumnya. Kegiatan ini tentunya membantu pemerintah dalam upaya menggalang terus terbukanya industri kreatif dan juga terjadi transaksi ekonomi yang saling menguntungkan khususnya para pedagang mainan baik yang kecil maupun yang besar,” paparnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hal lainnya, ia ingin pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan, untuk lebih memerhatikan para kolektor mainan agar bisa dilibatkan dalam pembuatan regulasi mengenai SNI mainan bersama dengan Asosiasi Mainan Indonesia dan Dirjen Bea Cukai. Dikarenakan regulasi yang sudah ditetapkan sekarang, banyak merugikan para kolektor mainan atau barang koleksi dan juga para pedagang kecil mainan yang sebenarnya siap mengikuti aturan main yang ada.

Asalkan tidak memberatkan mereka, serta dilibatkan dalam sesi dialog agar dapat juga memberikan masukan-masukan yang baik dari sisi kolektor mainan atau pedagang kecil barang koleksi.

Harga tiket masuk The Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018 ini yakni sebesar Rp.50.000 dan dapat dipesan di Tokopedia (presale Rp.45.000) maupun Indomaret, atau langsung datang di loket penjualan Kartika Expo- Balai Kartini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini