Sukses

Pisang Berbuah Seribu Gegerkan Warga Depok

Buah pisang dengan jumlah fantastis tersebut menjuntai dari atas pohon hingga nyaris menyentuh tanah

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini warga Depok dihebohkan dengan kemunculan “Pisang Seribu” yang tumbuh di halaman rumah seorang warga. Pohon pisang yang memiliki jumlah buah yang tak lazim ini pertama kali diunggah oleh akun Instagram @said_bhedul_02 dan viral di media sosial.

Sejak saat itu, banyak warga yang berdatangan ke rumah Said, pemilik pohon pisang yang berbuah dengan jumlah fantastis tersebut untuk mengambil gambar. Mereka beranggapan pohon tersebut unik karena jarang ditemui di tempat lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan yang Pertama di Indonesia

Sebenarnya tidak terhitung jelas berapa jumlah buah pisang yang terdapat pada pohon tersebut. Namun, karena jumlahnya yang sangat banyak, bahkan menjuntal dari atas pohon pisang hingga nyaris menyentuh tanah, warga menyebutnya dengan “Pisang Seribu”

Pohon pisang berbuah seribu di Depok sebenarnya bukan satu-satunya di Indonesia. Sebelumnya warga Cirebon dan Purwakarta juga sempat dihebohkan dengan hal yang sama. Tidak hanya di Indonesia, pisang unik ini juga bisa di jumpai di beberapa negara kawasan Asia Tenggara.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Ilmiah

Jika ditelaah secara ilmiah, "Pisang Seribu" merupakan hasil persilangan secara alami antara dua jenis pisang Musa balbisiana dan Musa acuminta. Sehingga secara internasional disandi dengan genom triploid, yang menyebabkan pohon pisang memiliki buah dengan jumlah sangat banyak.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini