Sukses

Jangan Diabaikan, 5 Bau Busuk yang Menjadi Tanda Bahaya di Tubuh Anda

Apabila Anda mencium bau tak enak dari tubuh Anda sendiri, jangan diabaikan begitu saja. Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagian tubuh yang bau bukanlah topik yang menyenangkan untuk dibicarakan, apalagi saat Anda tengah makan. Tapi bukan berarti Anda tak boleh membicarakannya.

Sebab terkadang, bau tak enak pada tubuh Anda justru dapat menjadi indikasi terjadi hal buruk pada tubuh Anda. Melansir dari Shared, berikut 5 bau tak enak di tubuh yang patut Anda waspadai.

1. Bau urin yang menyengat

Tak ada yang berharap air kencing mereka memiliki [bau](/3207775 "") yang enak tapi juga tidak berarti ada orang yang suka urin mereka baunya menyengat. Urin berbau menyengat yang dahsyat dapat menjadi indikasi infeksi saluran kemih (ISK).

Selain itu, bila terdapat gejala tambahan seperti sering buang air kecil, menggigil, dan sensasi terbakar saat buang air kecil, maka sudah waktunya berkunjung ke dokter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Napas bau busuk terus-menerus

Memang tidak mungkin Anda bangun pagi dengan napas yang baunya manis dan enak. Akan tetapi, bila napas Anda terasa lebih asam dan sangat bau daripada biasanya, itu bisa jadi pertanda tubuh Anda mengalami penyakit. Halitosis alias napas berbau busuk dapat menjadi gejala dari sejumlah kondisi seperti penyakit gusi, infeksi sinus, dan sleep apnea.

Selain itu, bila napas Anda berbau buah, Anda juga harus waspada. Ini dapat menjadi pertanda diabetes.

Mereka dengan diabetes tipe 1 biasa mengalami ketoasidosis diabetik (DKA), komplikasi yang terjadi saat tubuh kekurangan insulin, yang menghambat kemampuan tubuh untuk memecah asam lemak seperti aseton. Penumpukan asam ini memicu bau buah dari napas Anda.

 

3 dari 5 halaman

3. Kaki berbau busuk

Apabila kaki Anda bau setelah berkeringat dan beraktifitas, hal tersebut dapat dimaklumi. Akan tetapi, bila bau tersebut tetap ada bahkan meski saat Anda sedang tidak melakukan apapun, Anda mungkin memiliki masalah yang serius.

Bau dari kaki Anda tersebut mungkin disebabkan oleh kondisi jamur seperti kaki atlet atau dikenal juga sebagai tinea pedis. Infeksi seperti ini sering terjadi karena kebersihan kaki yang tak terjaga dan bila tak diobati, infeksinya dapat semakin parah.

 

4 dari 5 halaman

4. Kotoran berbau busuk

Tentu saja kotoran Anda saat buang air besar berbau busuk. Akan tetapi, bila kotoran Anda mengeluarkan bau busuk yang tidak biasa, Anda harus waspada.

Apabila kotoran berbau sangat busuk, terutama jika warnanya tampak gelap dan solid, ini bisa mengindikasikan melena, yakni kondisi yang disebabkan oleh pendarahan gastrointestinal bagian atas. Ini memerlukan perawatan medis segera, jadi jangan ragu untuk mendatangai dokter.

 

5 dari 5 halaman

5. Vagina baunya tak enak

Sejatinya, vagina memang menghasilkan bau. Masing-masing bau berbeda dan berubah seiring bertambahnya usia. Tapi jika Anda merasa curiga dengan bau yang aneh saat Anda melepas celana dalam, waktunya Anda untuk memeriksakan diri.

Bau itu bisa disebabkan oleh sejumlah bakteri vaginosis (BV) yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri alami. Gejala lainnya termasuk gatal dan terdapat cairan berwarna abu-abu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.