Sukses

TKI Asal Kalimantan Mulai Dipulangkan

Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tiba di Jakarta dari Jeddah dalam beberapa hari akan dipulangkan pemerintah Indonesia ke daerah asal masing-masing. Sebagian tenaga kerja Indonesia tersebut berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah

Citizen6, Kalimantan: Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tiba di Jakarta dari Jeddah dalam beberapa hari akan dipulangkan pemerintah Indonesia ke daerah asal masing-masing. Sebagian tenaga kerja Indonesia tersebut berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Berdasarkan catatan yang dihimpun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Selatan sebanyak 56 TKI asal Kalimantan Selatan dan empat  orang asal Kalimantan Tengah turut dipulangkan ke daerah asalnya, Rabu (4/5). Kepala Disnakertrans, HD Mas Djaya mengungkapkan, "Diperkirakan dalam satu atau dua hari mereka akan diberangkatkan ke Kalimantan Selatan, namun kepastian tersebut belum bisa diketahui". HD Mas Djaya juga menambahkan bahwa pihaknya belum mengetahui secara pasti daerah asal para TKI karena informasi yang didapat pihaknya masih bersifat global.

Sedangkan TKI yang berasal dari daerah yang bekerja di luar negeri ditanggani secara khusus oleh BPTKI yang merupakan lembaga vertikal dari daerah. Data yang berhasil dihimpun pihak Disnakertran akhir 2010 lalu menyebutkan para TKI di luar negeri khususnya Timur Tengah berasal dari beberapa daerah di Kalimantan Selatan.

Daerah tersebut meliputi Barabai sebanyak 228 orang, Tapin sebanyak 227 orang. Selain itu yang berasal dari kabupaten Balangan  sebanyak 170 orang, kabupaten Banjar sebanyak 141 orang, kabupaten Barito Kuala (Batola) sebanyak 41 orang, Hulu Sungai Utara sebanyak 32 orang dan dari Kota Banjarmasin sendiri sebanyak 13 orang. (Pengirim: Hendra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini