Sukses

Asus Zenfone 5 Diklaim Jadi Model Smartphone Paling Cerdas

Asus menghadirkan kembali varian Zenfone dalam lini Asus Zenfone 5. Asus memperkenalkan tiga varian Zenfone 5 di gelaran Mobile Congree (MWC) 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Asus menghadirkan kembali varian Zenfone dalam lini Asus Zenfone 5. Asus memperkenalkan tiga varian Zenfone 5 di gelaran Mobile Congree (MWC) 2018, yakni Zenfone 5Z, Zenfone 5, dan Zenfone 5 Lite. Dalam gelaran ini, perusahaan asal Taiwan itu menjadikan Zenfone 5 dan Zenfone 5 Lite jadi perhatian utama.

Menurut CEO Asus, Jerry Shen, ketiganya hadir dengan fitur yang lebih cerdas, desain layar bezeless, termasuk konfigurasi kamera ganda.

"Kami memulai proyek ZenFone empat tahun lalu, dengan gagasan untuk menciptakan kemewahan yang dapat dinikmati setiap orang," ujar Shen dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, di Barcelona, Spanyol, yang juga Tekno Liputan6.com hadiri.

Sama seperti beberapa model sebelumnya, dua smartphone andalan Asus Zenfone 5, Zenfone 5 dan Zenfone 5 Lite, ini memiliki desain serupa. Perbedaan hanya terletak dari sisi spesifikasi hardware untuk mendukung performanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rincian Spesifikasi

Hadir dengan spesifikasi paling tinggi, performa Zenfone 5Z sudah ditopang oleh prosesor terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 845. Untuk menunjang performa yang lebih mumpuni, perangkat ini juga sudah didukung Artificial Intelligence Engine (AIE).

Varian ini memiliki layar berukuran 6,2 inci dengan rasio screen-to-body 90 persen dan memiliki ukuran bodi yang compact, sebanding dengan smartphone berlayar standar 5,5 inci yang ada di pasaran.

"Kami menawarkan aspect ratio baru 19:9 di Zenfone 5, meski demikian ukurannya tak berbeda dari perangkat yang berukuran 5,5 inci," tutur Global Marketing Head Asus, Marcel Campos.

Sementara Zenfone 5 yang tampil sebagai perangkat kelas menengah dengan desain serupa Zenfone 5Z. Yang membedakan, smartphone ini dipersenjatai oleh Snapdragon 636.

Terakhir, ada Zenfone 5 Lite yang memiliki layar berukuran 6 inci. Untuk kali pertama, Asusmenggunakan sistem 4 kamera, dengan komposisi dua kamera depan dan dua kamera belakang.

3 dari 3 halaman

Zenfone 5 Jadi Model Paling Cerdas

Menurut CEO Asus, Jerry Shen, Zenfone 5 merupakan lini Zenfone paling cerdas yang pernah ada. Hal itu dimungkinkan sebab smartphone ini sudah didukung kecerdasan buatan dan analisis big data.

"ZenFone 5 merupakan seri Zenfone paling cerdas yang pernah ada, dengan memanfaatkan algoritma kecerdasan buatan canggih dan analisis big data untuk memberikan pengalaman terbaik, mulai dari kamera yang lebih cerdas hingga performa," ujar Shen.

Shen mengungkap ketersediaan model Zenfone 5 ini akan bertahap dimulai dari Zenfone 5 Lite pada Maret 2018, disusul Zenfone 5 pada April 2018. Sementara Zenfone 5Z mendapat jadwal peluncuran paling akhir, yaitu Juni 2018.

Sayangnya, Asus tak mengungkap harga dari seluruh model Zenfone 5 yang diperkenalkan. Chen hanya mengumumkan harga Zenfone 5Z yang dibanderol mulai 479 euro atau sekitar Rp 8 juta.

Selain memperkenalkan tiga seri Zenfone 5, Asus juga memamerkan smartphone Zenfone Max (M1) terbaru dan laptop Asus NovaGo di dalam area demo boot Asus di MWC 2018.

 

(Pebrianto Eko Wicaksono/Dam/Ysl)

 

** Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan pengiriman artikel unik dan terkini melalui email: Forum@liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.