Sukses

110 Tamtamal TNI AL Mengikuti Diktukbakat

Sebanyak 110 orang Tamtama TNI AL berpangkat Kopral Kepala (Kopka) mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) 2011.

Citizen6, Surabaya: Sebanyak 110 orang Tamtama TNI AL berpangkat Kopral Kepala (Kopka) mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) 2011. Yang dibuka secara langsung oleh Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Dankobangdikal) Laksamana Muda TNI Sadiman di lapangan Apel Pusat Latihan dan Pendidian Dasar Kemliteran (Puslatdksarmil), Juanda, Rabu (11/5).

Acara pembukaan yang diawali dengan penyematan togelroof (tali tampar besar) oleh Dankobangdikal kepada perwakilan siswa tersebut. Ikut dihadiri oleh Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Laksma TNI didik Wahyudi, para Direktur Kobangdikal, Para Dankodik, dan para Danpusdik dilingkungan Kobangdikal lainnya.

Menurut Dankobangdikal, Diktukbakat ini merupakan salah satu pendidikan perubahan strata dari Tamtama ke Bintara, selain pendidikan Diktukba regular. Diktukbakat ini hanya berlangsung selama dua bulan saja. Dalam kalender pendidikan (Kaldik) TNI AL Diktukbakat ini merupakan pendidikan yang paling singkat diantara pendidikan TNI AL lainya. Sehingga dinamakan Pendidikan pembentukan bintara singkat (Diktubakat).

Pendidikan ini memang istimewa, pendidikan yang ditempuh dalam waktu dua bulan saja. Pendidikan ini juga hanya diikuti oleh para peserta yang terbilang sudah berumur di level Tamtama. Prajurit boleh mengikuti pendidikan ini dengan syarat pangkat Kopral Satu (Koptu) empat tahun atau Kopka nol tahun dengan usia minimal 44 tahun saat di buka pendidikan.

“Pendidikan hanya 2 bulan, manfaatkan waktu yang singkat tersebut sebaik-baiknya,” seru orang nomor satu dijajaran Kobangdikal ini. Sadiman sapaan akrab Dankobangdikal ini berharap agar para peserta Diktukbakat tetap mempunyai semangat dan dedikasi yang tinggi untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan keprajuritan seiring dengan perubahan status dari Tamtama ke Bintara.

Naiknya strata kepangkatan harus pula dikuti oleh perubahan pola pikir, pola sikap dan cara bertindak. Serta di landasi oleh kualitas intelektual, moral, keimanan, ketaqwaan.  Kemudian dilandasi pula oleh nilai - nilai perjuangan dan naluri tempur yang tinggi.

Sementara itu pada waktu yang hampir bersamaan, digelar pula sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir) bagi calon perwira siswa Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) TNI AD yang diikuti 22 perwira  TNI AL berpangkat kapten sampai dengan mayor yang berminat melanjutkan sekolah lanjutan perwiranya di Pusdik - pusdik milik  TNI AD.

Pelaksanaan Pantukhir tersebut, dipimpin Kepala Dinas Pendidikan TNI AL Laksma TNI Bambang Nurbito didampingi Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI Marinir P. Verry Kunto. G di gedung Bettel Geus, Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa), Kobangdikal. 
(Pengirim: Penkobangdikal) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.