Sukses

5 Film Paling Banyak Menang Piala Oscar Sepanjang Sejarah

Berikut, 5 film paling banyak memenangkan piala Oscar sepanjang sejarah.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bertahun-tahun, ratusan film dinominasikan untuk Academy Awards atau piala Oscar. Kebanyakan film memenangkan satu atau dua piala, dan hanya segelintir yang memboyong lebih dari dua.

Sampai saat ini, hanya ada 32 film yang telah memenangkan lebih dari 5 piala Oscar. Beberapa film tersebut dianggap sebagai film terbaik sepanjang masa, seperti Schindler List, Star Wars, dan The Godfather Part II.

Meski demikian, beberapa film berikut mengalahkan lainnya dalam pemerolehan piala. Berikut, 5 film paling banyak memenangkan piala Oscar sepanjang sejarah seperti dilansir dari Cheatsheet.com.

1. Titanic (1997)

Eksplorasi kisah paling romantis James Cameron di atas kapal Titanic menjadi pukulan telak di mata para penonton seluruh dunia. Film tersebut sekaligus mentahbiskan Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet sebagai megastar.

Film ini memenangkan 11 piala Oscar dari 14 nominasi di ajang Academy Awards ke-70. Titanic memenangkan penghargaan untuk Best Picture, Best Director, Original Dramatic Score, Art Direction, Makeup, Costume Design, Film Editing, Visual Effects, Sound, Sound Effects Editing, dan Original Song dengan lagu "My Heart Will Go On."

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

Film terakhir dari trilogi epik The Lord of the Rings menoreh sejarah pada malam Oscar tahun 2004. Film yang diangkat dari novel legendaris karangan JRR Tolkien ini menjadi film fantasi pertama yang memenangkan Best Picture.

Tak hanya itu, film ini juga memenangkan setiap penghargaan yang ia masuk nominasi di dalamnya. Ini menjadikannya film dengan paling banyak benang yang menyapu bersih nominasi dalam sejarah Oscar.

Film ini memenangkan 11 penghargaan pada Academy Awards ke-76. Dan itu termasuk Best Picture, Best Director, Adapted Screenplay, Costume Design, Art Direction, Film Editing, Visual Effects, Sound Mixing, Best Makeup, Original Score, dan Best Original Song.

3 dari 5 halaman

3. Ben-Hur (1959)

Bila dibandingkan dengan film-film lain pada masanya, Ben-Hur terbilang paling baik dalam teknologi dan efek khusus yang digunakan. Film ini juga memenangkan 11 Oscar, yakni Best Picture, Best Actor in Leading Role, Best Actor in Supporting Role, Best Director, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Best Costume Design, Best Sound, Best Film Editing, Best Effects, dan Best Music.

4 dari 5 halaman

4. West Side Story (1961)

Perilisan musikal Stephen Sondheim yang modern dari Romeo and Juliet terasa sensasional saat terjadi di Broadway pada tahun 1957. Dan adaptasinya menjadikan film ini bonafid termasuk di ajang pemilihan Oscar.

Film ini memenangkan 10 penghargaan di Academy Awards ke-34. Ini termasuk Best Picture, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Sound, Music, Film Editing, Costume Design, Cinematography, dan Art Direction.

 

5 dari 5 halaman

5. The English Patient (1996)

Memotret kisah cinta di masa Perang Dunia II, film ini memenangkan hati kritikus, penonton, dan juri Oscar. Film ini memenangkan 9 penghargaan dari 12 nominasi, yaitu Best Picture, Best Director, Best Supporting Actress, Best Art Direction, Best Costume Design, Best Cinematography, Best Film Editing, dan Best Original Score.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.