Sukses

Sedang Sakit, BJ Habibie Sampaikan Permintaan Ini pada Jokowi

BJ Habibie kini tengah dirawat di Munchen, Jerman. Saat dihubungi Presiden Jokowi, ia menyampaikan beberapa permintaan.

Liputan6.com, Jakarta BJ Habibie saat ini tengah menjalani perawatan intensif di Klinik Starnberg, Munchen, Jerman. Presiden ketiga Indonesia itu didiagnosis mengalami kebocoran pada klep jantungnya yang membuat paru-parunya terendam air hingga 1,5 liter dan membuatnya sulit bernapas.

Jokowi pun terus memantau kondisi BJ Habibie dan menghubunginya secara langsung pada Minggu (4/3/2018). Saat dihubungi, BJ Habibie menyampaikan permintaan kepada Presiden Jokowi untuk menghadirkan tim dokter kepresidenan dan Paspampres ke Jerman saat mantan orang nomor satu di Indonesia mendapat tindakan medis di sana.

"Saya sudah berangkatkan (dalam proses) dari Indonesia untuk mendampingi," kata Presiden Jokowi dalam sambungan telepon tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Kirimkan Utusan

Terkait hal tersebut, Jokowi telah mengutus Lukman Hakim, spesialis jantung dan pembuluh darah dari tim dokter kepresidenan, serta anggota Paspampres untuk mendampingi BJ Habibie. Tak sampai di situ, Jokowi juga memerintahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk memastikan BJ Habibie mendapat pelayanan terbaik dan seluruh biaya perawatannya ditanggung oleh pemerintah.

"Presiden Jokowi telah memerintahkan untuk memantau dan memberikan pelayanan terbaik kepada Habibie," kata Pratikno kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Minggu, 4 Maret 2018.

Selain pemerintah Indonesia, pemerintah Jerman melalui Kantor Kanselir Angela Merkel juga menawarkan bantuan pengobatan untuk BJ Habibie dengan dua opsi, yaitu menjalani operasi jantung atau menjalani pengobatan dengan metode lebih canggih.

 

3 dari 3 halaman

Pengobatan Pilihan BJ Habibie

BJ Habibie yang mendapat bantuan pengobatan dari pemerintah Jerman, memilih untuk melakukan pengobatan lebih canggih daripada melakukan operasi jantung. Doa untuk kesembuhan BJ Habibie pun membanjiri media sosial. Presiden Jokowi pun tak ketinggalan menyampaikan doa untuk kesembuhan mantan Presiden RI tersebut.

"Kita semua di Indonesia, seluruh rakyat Indonesia, mendoakan Bapak. Semoga segera sehat kembali, bisa beraktivitas dan kembali ke Indonesia," ucap Jokowi.

Yuk ikut mengirimkan doa untuk kesembuhan BJ Habibie.

 

Reporter: Lanny Kusumastuti

Sumber: Bintang.com

Saksikan video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.