Sukses

Cari Kerja? Ini 5 Rahasia yang Tak Boleh Diungkap Saat Wawancara

Ada waktunya untuk tetap tutup mulut saat wawancara kerja. Berikut 5 rahasia yang harus Anda jaga untuk tidak keluar di mulut saat diwawancara.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kebanyakan kasus, kejujuran adalah hal yang terbaik. Bagaimanapun, selama wawancara kerja, kejujuran harus sedikit Anda kontrol. Kandidat pekerja biasanya berusaha menunjukkan yang terbaik dari dirinya saat diwawancara.

Meski demikian, ada waktunya untuk tetap tutup mulut saat wawancara kerja. Berikut 5 rahasia yang harus Anda jaga untuk tidak keluar di mulut saat diwawancara seperti dilansir dari Cheatsheet.com.

1. Anda butuh pekerjaan tersebut sesegera mungkin

Calon atasan atau pewawancara Anda tak perlu tahu betapa putus asanya Anda untuk suatu pekerjaan. Seberapa besar keinginan Anda atau seberapa besar butuhnya Anda terhadap posisi baru harus dirahasiakan.

Jika Anda mengungkapkan hal tersebut, perusahaan dapat menggunakan hal itu sebagai alasan untuk mem-bargain Anda untuk menawarkan lebih sedikit uang.

2. Gaji yang ditawarkan pada Anda, jauh lebih tinggi dari sebelumnya

Negosiasi gaji yang efektif dimulai dari percakapan Anda dengan pewawancara di perusahaan tersebut. Jika mungkin, hindari pertanyaan terkait gaji selama wawancara pertama.

Jika harga yang mereka tawarkan lebih tinggi daripada pekerjaan lain yang pernah Anda lakukan di masa lalu, tetaplah menawar dengan ketat. Memberi tahu kalau gaji yang mereka tawarkan amat tinggi hanyalah mengurangi kemungkinan negosiasi yang baik.

Sebagai gantinya, bila mereka meminta rentang angka yang Anda harapkan, beritahu mereka seberapa banyak uang yang Anda hargai berdasarkan pengalaman dan nilai yang telah Anda lakukan dalam pekerjaan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Konflik dengan rekan kerja di tempat sebelumnya

Anda harus melakukan semua usaha untuk beradaptasi dengan tempat yang baru bila Anda diterima di pekerjaan yang baru. Akan tetapi, memberi tahu konflik yang pernah Anda lakukan dengan rekan kerja tidak akan membuat Anda terlihat lebih baik.

Jika Anda tak memiliki hubungan kerja yang baik dengan tim terakhir Anda, tetaplah tenang. Bila Anda menyampaikan hal tersebut, pewawancara akan beranggapan Anda sulit untuk diajak bekerja sama.

3 dari 4 halaman

4. Isu pribadi yang memengaruhi produktivitas Anda

Masalah pribadi pasti akan muncul selama karir Anda. Akan tetapi, berapapun dekatnya hubungan Anda dengan pewawancara, tidaklah bijaksana mengungkapkan pandangan pribadi seperti drama keluarga, perceraian, pandangan politik, dan hal-hal lain yang tak berkaitan dengan pekerjaan.

 

4 dari 4 halaman

5. Anda dipecat dari pekerjaan terakhir Anda

Pencari kerja tidak memiliki kewajiban hukum untuk mengungkapkan apakah mereka dipecar dari pekerjaan sebelumnya atau tidak. Mengungkapkan hal tersebut, hanya akan menimbulkan lebih banyak pertanyaan dan mungkin Anda terpaksa mengatakan hal yang buruk. Ini akan menjadi awal yang buruk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.