Sukses

Bikin Merinding, Ini 6 Proses Operasi Zaman Dulu yang Mengerikan

Beberapa foto berikut memperlihatkan bagaimana alat-alat bedah yang digunakan pada abad ke-19. Bagaimana wujudnya?

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi makin tahun tentu semakin maju dan berkembang. Jika kamu melihat perkembangan alat bedah saat ini pastinya kamu tidak akan merasa ngeri dan takut. 

Namun, beberapa foto berikut memperlihatkan bagaimana alat-alat bedah yang digunakan pada abad ke-19 yang akan membuat kamu merasa beruntung hidup di masa kini saat alat-alat kedokteran sudah modern dan lengkap.

Berikut enam proses operasi zaman dulu yang mengerikan.

1. Surgical Hand Vice

 

Alat bedah ini digunakan untuk memberikan tekanan ke pembuluh darah arteri agar tidak banyak darah yang keluar saat operasi. Namun, rasanya lebih menyakitkan dari operasi itu sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Operasi dengan Anastesi

Gambar ini menunjukkan bagaimana dokter bedah Scot Robert Liston sedang melakukan operasi dengan anastesi.

Ia tampak memegang sebuah pisau dan menyelesaikan operasi itu dalam tiga menit. Ruangan tersebut dipenuhi banyak ahli bedah yang ingin mengetahui bagaimana efek dari anastesi.

3 dari 6 halaman

3. Ketika Seseorang Mempunyai Strabismus

Strabismus adalah suatu kondisi di mana mata tidak sejajar normal dan harus dikoreksi dengan membagi otot internal bola mata untuk membuat mata wajah ke arah yang benar dan ini dilakukan secara langsung dengan menggunakan alat seperti pada gambar.

4 dari 6 halaman

4. Alat-Alat yang Digunakan untuk Ortopedi

Ortopedi adalah cabang kedokteran yang mengkhususkan diri dalam penyakit dan cedera tulang. Nah, pada gambar tersebut diperlihatkan bagaimana seramnya alat-alat untuk ortopedi pada abad 19.

Lebih mirip alat penyiksaan ya.

5 dari 6 halaman

5. Anatomi pada Ketiak Saat Digunakan

Gambar ini menunjukkan bahwa pembuluh darah diikat dengan benang untuk menghentikan aliran darah dan proses ini disebut banding.

6 dari 6 halaman

6. Anatomi Sisi Ligasi Pembuluh Darah di Tangan dan Siku

Kamu bisa melihat bagaimana jarum digunakan untuk menjahit pembuluh bersama-sama atau untuk membuat tubuh bekerja secara normal. Itu mungkin lebih menyakitkan dan membunuh pasien dari rasa sakit akhirnya.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/proses-operasi-zaman-dulu-yang-menyeramkan/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.