Sukses

Aksi Solidaritas Peduli Pendidikan

Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah melakukan aksi solidaritas peduli pendidikan di Pasaman barat.

Citizen6, Pasaman: Ratusan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Yayasan Pendidikan Tinggi Pasaman (YAPTIP) kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), provinsi Sumatera Barat (Sumbar), melakukan aksi solidaritas peduli pendidikan  di Pasbar. Aksi tersebut dilakukan oleh mahasiswa STIT Yaptip, usai upacara Hardiknas di lapangan SMA I Pasaman. Koordinator Aksi Idenfi Susanto didampingi Ketua BEM STIT, Yaptip Lasdiarman mengatakan aksi yang dilakukannya secara damai ini adalah bentuk kepedulian  mahasiswa terhadap pendidikan di Pasbar terutama di daerah terpencil.

Dikatakan, ada enam tuntutan dari mahasiswa kepada Pemkab Pasbar terutama dalam bidang pendidikan, yaitu meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan struktur  dan infrastruktur sekolah yang ada di Pasbar, meningkatakan kulaitas guru,  adanya keterbukaan antara Pemkab Pasbar dengan masyarakat tentang pendidikan.

"Kemudian guru sertifikasi harus sesuai dengan kemampuannya, dan pendidikan agama islam (PAI) harus ditingkatkan di seluruh sekolah di Pasbar, sesuai dengan visi Pemkab Pasbar membangun Pasbar diatas tadah agama", ujar Idenfi Susanto. Apabila tuntutan mereka tidak dikabuli oleh Pemkab Pasbar, maka mahasiswa tersebut kembali menggelar aksi serupa. Untuk itu di harapkan kepada Pemkab Pasbar untuk merealisasi tuntutan tersebut.

Sementara itu ketua BEM, Lasdiarman juga menambahkan, pendidikan di Pasbar saat ini kurang efisiensi atau kurangnya mutu pendidikan, sebab masih banyak siswa tamatan SMA di Pasbar ini tidak lulus di perguruan tinggi terkenal di Indonesia. "Walaupun tingkat kelulusan SMA di Pasbar cukup menggembiralkan tapi sewaktu tes masuk perguruan tinggi banyak tidak lulus. Pendidikan di Pasbar hanya mengutamakan kualitas dari pada kuantitas", tambahnya, (Pengirim: Roni).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.