Sukses

35 Tahun Warga Menunggu Air

Usaha warga desa Puncak Baru dalam membuat saluran irigasi

Citizen6, Cianjur: Lebih dari 35 tahun warga di desa Puncak Baru, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur Jawa Barat, menunggu adanya aliran air untuk kebutuhan bercocok tanam terutama pengairan sawah. Survei yang dilakukan untuk menemukan sumber air sudah dilakukan sejak 1975, namun karena medan yang tidak mantap untuk saluran irigasi keinginan tersebut hanya sampai rencana. Faktor yang paling  menghambat karena adanya bukit yang mebentang sangat panjang dan tebal.

Beberapa kali dicoba dengan generasi yang berbeda, namun cita-cita mereka tetap kandas karena keterbatasan alat dan kemampuan masyarakat. Namun keinginan disertai ketangguhan dan keyakinan  tokoh masyarakat, yaitu Mastur Wardi dan Damin Khoerudin, serta dibantu oleh sembilan orang lainnya.

Akhirnya bukit panjang dan tebal tersebut mampu ditembus dengan hasil sebuah lubang terowongan sepanjang sedalam 136 meter dengan tinggi 180 cm dan lebar 120 cm. Mereka bekerja siang dan malam selama empat bulan. Bekal dan alat selama bekerja sepenuhnya swadaya mereka, tanpa ada bantuan sedikitpun dari pihak manapun.

Setelah terowongan tersebut tuntas, barulah warga masyarakat lainnya ikut bekerja bakti dalam menuntaskan saluran irigasi sepanjang sembilan km dengan medan yang sangat curam dan terjal. Berkat kekompakan mereka, akhirnya saat ini air sudah mulai sampai ke areal pemukiman warga, meskipun pekerjaan belum tuntas, semua pekerjaan saluranpun sepenuhnya swadaya. Masyarakat setempat sangat berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk menuntaskan saluran irigasi tersebut. (Pengirim: Solihin Nurodin)
   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini