Sukses

4 Trik Sederhana Atasi Kecanduan Media Sosial

Kecanduan media sosial ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan psikologis, lantas bagaimana cara mengendalikannya? Berikut tipsnya...

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri, media sosial di era digital seperti saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tak hanya untuk mencari informasi tapi juga sebaliknya, kalian bisa berbagi informasi.

Selain itu masih banyak hal lain yang membuat kalian betah mengaksesnya berjam-jam. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun kini akrab dengan media sosial. Sayangnya, mengaksesnya secara berlebihan bisa membuat kita cenderung kecanduan akan media sosial tersebut.

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa makin banyak menghabiskan waktu di media sosial, maka akan semakin buruk diri kita. Apalagi, jika sudah kecanduan hal ini bukan hanya akan mengganggu aktivitas sehari-hari tapi juga kesehatan fisik hingga psikologis.

Jika sudah demikian, ada baiknya kalian beristirahat dari media sosial sejenak. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan psikologis. Tak sulit, kalian hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Sadari Media Sosial Hanyalah Bermain Peran

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sadari bahwa media sosial tak ubahnya pertunjukan pribadi hidup kita sendiri. Di media sosial setiap orang menceritakan sebuah cerita tertentu. Ketika Anda melihat unggahan dan gambar mereka, ingatkan diri sendiri bahwa itu bukanlah gambaran lengkap dan sebenarnya dalam kehidupan seseorang.

2. Perhatikan Seberapa Sering Menggunakannya dan Bagaimana Perasaan Setelah itu

Untuk mengetahui seberapa buruk efek media sosial, Anda bisa catat berapa waktu yang Anda habiskan di media sosial. Lihat bagaimana perasaan Anda setiap kali berhenti. Apakah lebih baik atau lebih buruk? Ketika tahu efek yang didapatkan, Anda juga akan tahu sisi negatif dari itu. Ini akan memberikan motivasi untuk mengurangi kebiasaan bermain media sosial.

3 dari 3 halaman

3. Jangan Membuka Instagram Saat Sedang Baper

Ketika sedang sedih dan terbawa perasaan (baper), Anda terkadang akan membuka Instagram atau media sosial lain untuk melampiaskan perasaannya. Namun, hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan. Dengan melihat perbandingan diri Anda dan orang lain lewat gambar maupun tulisan yang diunggah ke media sosial, hanya akan membuat pikiran menjadi lebih negatif.

4. Ganti Media Sosial dengan Sesuatu yang Bisa Dikendalikan

Jika merasa bosan atau kesepian, cari hal lain yang bisa mengusir itu. Daripada terperangkap dalam media sosial, menonton Youtube atau membaca berita ternyata lebih baik. Namun, akan lebih baik jika Anda melakukan sesuatu yang bisa dimulai sendiri dan bisa dikendalikan. Lakukan hal-hal baik untuk teman Anda, olahraga lari, tidur siang, atau pun memasak.

**Berita ini sebelumnya telah tayang di laman Health Liputan6.com

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan artikel unik dan terkini melalui email Forum@liputan6.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini