Sukses

Astaga, 9 Batu Ginjal Ditemukan di Tubuh Bocah

Jika terlambat sedikit saja maka anak itu akan mengalami gagal ginjal.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah 9 tahun di China hampir saja mengalami gagal ginjal. Untungnya dia cepat ditangani. Kejadian ini menimpa Xiao Fang, anak laki-laki asal Chongqing.

Awalnya dia mengalami rasa sakit yang luar biasa selama berbulan-bulan. Namun, ayah Xiao Fang tak terlalu memperhatikan keluhan sang anak. Si ayah berpikir itu normal karena anaknya sangat aktif dan berkembang dengan cepat.

Akan tetapi, kian hari si anak mengeluhkan sakit yang luar biasa. Anaknya pun dibawa ke rumah sakit. Setelah diperiksa, dokter mengatakan kondisi Xiao Fang sangat buruk. Dokter menemukan ada sembilan batu ginjal di dalam perutnya.

Dokter menyarankan untuk segera dilakukan operasi. Sebab, jika terlambat sedikit saja maka anak itu akan mengalami gagal ginjal. Itu artinya dia harus menjalani dialisis selama sisa hidupnya.

Tim dokter mengoperasi Xiao Fang dua kali. Mereka berhasil menyingkirkan sembilan batu dari kedua ginjal tersebut. Ada delapan batu ginjal berukuran sekitar 0,6 sampai 2 cm di ginjal kirinya sementara mereka menemukan satu batu ginjal besar dengan diameter 4 cm di ginjal kanannya.

Batu ginjal menyebabkan ginjalnya membengkak akibat penumpukan urine yang membuat saluran kencingnya terhambat. Ayah Xiao Fang sangat terkejut dengan temuan itu. Dia tak habis pikir bagaimana anaknya bisa mendapatkan penyakit seperti itu.

Dokter menduga hal itu disebabkan oleh susu bubuk yang diminum Xiao Fang. Meski demikian tidak menutup kemungkinan ada faktor lain. Dokter kemudian mengingatkan orang tua Xiao Fang untuk memastikan anak-anaknya memiliki pola makan yang sehat dan seimbang.

Menurut dokter, anak yang suka makan daging, manisan dan konsumsi makanan ringan berkalori tinggi berisiko terkena penyakit ini, terutama jika mereka tidak minum cukup air putih.

 

Sumber: Feed.Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.