Sukses

5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Ikuti Upacara Bendera, Apa Saja?

Selain banyak yang tak menyukai pelaksanaan upacara bendera lantaran harus berpanas-panasan dan lain sebagainya, ternyata ada loh manfaat yang bisa kamu dapat dari mengikuti upacara bendera itu.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara bendera memang rutin dilakukan para pelajar di Indonesia setiap hari Senin. Biasanya, upacara bendera juga dilakukan saat memperingati hari besar di Tanah Air. Namun sayangnya, banyak orang tak menyukai aktivitas tersebut karena berbagai alasan.

Nah, selain banyak yang tak menyukai pelaksanaan upacara bendera lantaran harus berpanas-panasan dan lain sebagainya, ternyata ada loh manfaat yang bisa kamu dapat dari mengikuti upacara bendera itu.Apa saja?

Berikut ini manfaat upacara bendera yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/9).

1. Membiasakan disiplin

Dengan mengikuti upacara bendera, kita akan dilatih untuk tertib dan disiplin. Karena dalam upacara bendera, setiap peserta upacara wajib mengikuti susunan upacara dengan tertib.

Bahkan, ada sekolah yang menempatkan siswa-siswinya di posisi yang khusus jika terlambat mengikuti upacara. Jadi sebisa mungkin jangan sampai terlambat ikut upacara bendera ya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan

Pada upacara bendera, biasanya ada jadwal bergantian siswa-siswi yang menjadi petugas upacara. Salah satunya adalah menjadi pemimpin upacara. Saat menjadi pemimpin upacara, siswa tersebut dituntut bisa memimpin jalannya upacara dengan baik. Dengan inilah, para siswa dapat merasakan dan berlatih untuk menjadi seorang pemimpin.

3 dari 5 halaman

3. Membiasakan berpenampilan rapi

Ketika upacara bendera hari Senin atau hari besar yang lain, seperti hari pahlawan dan sebagainya, atribut yang khas dan wajib dipakai adalah topi.

Selain itu, atribut lain seperti dasi atau sepatu harus hitam juga lebih diperhatikan di hari tersebut. Oleh sebab itu, melalui upacara bendera pula para pelajar berlatih bagaimana untuk selalu berpenampilan rapi. Layaknya penampilan, pelajar yang seharusnya.

4 dari 5 halaman

4. Meningkatkan kekompakan dan kebersamaan

Dalam mengikuti kegiatan upacara bendera, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara. Menunjukkan kebersamaan selama mengikuti upacara, seluruh peserta upacara merasakan hal yang sama, wajib mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir.

Maka dari itu, dengan mengikuti upacara bendera sikap kompak dan kebersamaan ini benar-benar bisa dirasakan.

5 dari 5 halaman

5. Menumbuhkan jiwa nasionalisme

Upacara bendera diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata. Namun dengan kegiatan upacara bendera, semoga bisa menumbuhkan sikap nasionalisme dalam benak para pelajar. Upacara bendera ini, juga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan.

Untuk itu, para pelajar diharap bisa mengambil nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan upacara bendera ini.

Jadi, kapan terakhir kamu mengikuti upacara bendera?

Reporter:

Aprilia Nurohmah

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.