Sukses

Sulit Dibobol, Ini 6 Brankas Bank Paling Aman di Dunia

Memiliki sistem yang sangan komplet, 6 bank ini sangat mustahil untuk dibobol.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan adanya bank kita tentu bisa menyimpan uang kita dengan aman dan terpercaya. Karena ditujukan untuk menyimpan dan mengeluarkan uang, bank menjadi sasaran empuk para perampok yang ingin mendapatkan uang instan. Karena sadar akan bahaya yang didapat, setiap bank memiliki sistem keamanan yang bisa mencegah tindak kriminal.

Beberapa keamanan yang dilakukan bank antara lain dipasangnya kamera pengawas, adanya penjagaan, dan lembaran uang ataupun emas dimasukkan ke dalam brankas khusus.

Meski begitu, ternyata masih ada saja orang yang berusaha merampok bank karena dirasa bisa ditembus. Untuk mengantisipasinya, ada beberapa bank yang memiliki sistem keamanan yang tinggi agar dipercayai orang dan menghilangkan niat para perampok.

Berikut enam bank yang ada di dunia dengan sistem kemanan tertinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. The Legendary Swiss Vaults

Swiss Bank adalah salah satu tempat bank yang paling aman di dunia. Ciri khas dari brankas di Swiss Bank adalah brankas dengan tiga model kunci. Cara ini telah digunakan selama lebih dari 200 tahun yang membuat Swiss Bank menjadi salah satu Bank teraman di dunia.

Bahkan kabarnya, banyak pemimpin dan para konlomerat dunia menyimpan hartanya di dalam bank ini. Karena ketatnya, untuk mengambil harta yang ada di dalam sini harus diambil oleh sang penyimpan tidak boleh orang lain termasuk keluarga inti.

3 dari 7 halaman

2. The Bank Of England Gold Vault

Jika orang penting Inggris ingin menyimpan rahasia, maka di sini adalah tempat yang paling aman. Lebih dari 4.600 ton emas yang tersimpan di brankas terbesar di Inggris ini. Brankas ini merupakan tempat yang kokoh dan tahan ledakan.

Ketika Perang Dunia Ke-2, tempat ini dijadikan tempat berlindung. Selain tahan ledakan, tempat ini juga sangat sulit untuk dibuka. Untuk membukanya, dibutuhkan tiga kunci utama, keamanan suara, dan keamanan rahasia lainnya yang tidak dapat disebutkan.

4 dari 7 halaman

3. The New York Federal Reserve Vault

Di bawah jalan Manhattan, terdapat brankas yang tidak kalah amannya dibanding brankas Fort Knox. Brankas ini sangat aman karena manusia tidak diperbolehkan masuk. Brankas ini dikendalikan oleh beberapa robot. Keamanan pada brankas ini sangatlah terjamin.

Tidak heran jika banyak pemerintah di dunia yang banyak menyimpan emas mereka di brankas ini. Tidak hanya itu saja, penembak jitu siap sedia selama 24 jam untuk mengamankan brankas ini.

5 dari 7 halaman

4. The Gold Vault Dubai

Terkenal dengan negara kaya raya dan penghasil minyak terbesar membuat Dubai menjadi negara yang dipenuhi oleh orang berkantung tebal. Karena memiliki penghasilan dan pengeluaran yang besar, Dubai pun membuat brankas sendiri pada tahun 2009.

Kota ini berhasil membuat tempat penyimpanan terbesar mereka pada tahun 2009. Brankas tersebut terletak di Dubai Multi Commodities Center yang menggunakan teknologi keamanan terbaru di dunia.

6 dari 7 halaman

5. The London Silver Vaults

Meskipun tampilan luar bank ini terlihat seperti bangunan tua, namun tidak disangka di dalam bangunan ini terdapat brankas terkuat di dunia.

Untuk mebobol brankas ini bisa dibilang tidak mungkin bisa. Bahkan senjata sekelas nuklir pun tidak bisa membobol brankas ini. Nuklir sebanyak 37 kiloton mencoba menghancurkan brankas tersebut, namun hasilnya nihil. Hingga saat ini brankas yang digunakan The London Silver Vaults merupakan brankas yang tidak dapat ditembus dengan apapun.

 

7 dari 7 halaman

6. Fort Knox

Brankas ini dibuat pada tahun 1936 oleh Departemen Perbendaharaan Amerika Serikat di Kentucky untuk menyimpan semua emas milik negara.

Sejak saat itu, Fort Knox menjadi brankas paling aman di Amerika Serikat dan di dunia. Keamanan tempat ini dilengkapi dengan tentara bersenjata mesin terlatih dan pintu masuk seberat 22 ton dengan ketebalan sekitar 53 cm.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.