Sukses

Waspada, Ini 7 Tanda Ponsel Anda Tengah Disadap

Sebenarnya ciri-ciri sebuah ponsel disadap dapat diketahui oleh pemiliknya.

Liputan6.com, Jakarta Maraknya penyadapan membuat banyak pengguna ponsel cemas. Memang masalah penyadapan ini bukanlah hal baru, metode tersebut sering dilakukan oleh pihak ketiga untuk mencuri informasi secara diam-diam.

Padahal, penyadapan hanya boleh dilakukan institusi untuk kepentingan penyidikan.

Namun, pernahkah merasa ponsel Anda disadap?

Mungkin kecurigaan ada, tetapi memastikannya tidak bisa. Sebenarnya ciri-ciri sebuah ponsel disadap dapat diketahui oleh pemiliknya.

Berikut tanda yang mesti dipahami oleh pemilik ponsel yang menunjukkan adanya penyadapan oleh pihak tertentu seperti dikutip dari bullguard.com.

1. Suara-suara tidak jelas

Jangan abaikan bila ada suara-suara tidak jelas yang berlangsung selama Anda melakukan percakapan di ponsel. Sebab, bisa jadi itu karena Anda sedang dipantau.

Mungkin zaman dulu suara kresek-kresek seperti itu wajar karena terkait jaringan. Namun di era sekarang di mana ponsel menggunakan jaringan digital, maka jika ada suara-suara aneh tersebut sepertinya agak janggal.

2. Penurunan daya baterai

Tanda lainnya adalah menurunnya kinerja baterai. Saat ponsel disadap, semua aktivitas direkam dan dikirimkan kepada pihak ketiga. Tentu saja itu menguras penggunaan baterai sehingga kapasitasnya menurun dengan cepat.

Ponsel yang disadap juga dapat merekam percakapan di dalam ruangan termasuk ketika ponsel di posisi diam.

Untuk memastikan hal ini, gunakan baterai ponsel Anda di ponsel lain dengan model dan software yang sama, lalu bandingkan hasilnya. Apakah ponsel Anda menggunakan daya baterai lebih banyak daripada ponsel dengan model dan software yang sama?

Jika iya, bisa jadi ponsel Anda disadap. Kemungkinan lainnya baterai Anda memang rusak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tunjukkan aktivitas saat tak digunakan

Jika ponsel Anda mengeluarkan suara-suara atau menyalakan layar saat Anda tidak menggunakannya, bisa jadi itu karena Anda sedang disadap.

Ponsel yang kerap restart tiba-tiba juga bisa jadi karena ada pihak yang memiliki akses jarak jauh terhadap ponsel Anda.

4. Butuh waktu lama untuk shutdown

Sebelum ponsel pintar atau smartphone mati, perangkat tersebut harus menyelesaikan terlebih dahulu tugas-tugas yang sedang diproses. Termasuk bila ponsel sedang mengirimkan data ke seseorang tanpa Anda ketahui. Jadi ponsel Anda harus menyelesaikan proses tersebut sebelum shutdown, sehingga membutuhkan waktu lama.

5. Baterai selalu hangat

Indikator lain sebuah ponsel disadap terlihat dari suhu baterainya. Jika ponsel terasa hangat, bahkan ketika Anda sedang tidak menggunakannya, bisa jadi karena digunakan secara diam-diam untuk mengirimkan data tertentu. Namun, hal ini hanya tanda potensial.

 

3 dari 3 halaman

6. Teks tak biasa

Hati-hati bila menerima pesan teks aneh yang berisi nomor, simbol atau karakter acak. Sebab fitur remote control dari sebuah perangkat lunak untuk memata-matai bekerja dengan cara mengirimkan pesan teks tersandi rahasia ke ponsel Anda.

Ada kalanya pesan teks itu dapat terlihat bila perangkat lunak tidak bekerja dengan benar. Bila hal ini terjadi secara teratur, mungkin ada aplikasi mata-mata di ponsel Anda.

7. Penggunaan data meningkat

Beberapa aplikasi mata-mata menggunakan data tambahan untuk mengirim informasi yang dikumpulkan dari ponsel. Makan, periksalah apakah ada peningkatan penggunaan data tidak wajar dalam penggunaan data bulanan Anda.

Penggunaan data dari program perangkat lunak mata-mata terbaik hampir mustahil untuk ditemukan celahnya, tetapi program perangkat lunak yang buruk akan menunjukkan penggunaan data yang signifikan.

Sumber: Feed.Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.