Sukses

Ngeri, Ini 4 Suku Gaib yang Ada di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan sebuah negara yang unik, memiliki 17 ribu pulau, 1500 suku dan 1027 bahasa. Semua tersebar dari Sabang sampai Merauke. Suku-suku ini membentuk peradaban yang besar dan tetap bertahan sampai saat ini.

Selain suku-suku yang terdaftar, rumornya ada juga suku gaib yang tinggal di Indonesia. Keberadaan suku-suku tersebut masih menjadi misteri, karena suku-suku tersebut kadang tampak dan kadang menghilang.

Kisah misteri suku-suku gaib itu pun diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi urban legend di masyarakat Indonesia.

Ingin tahu kisah selengkapnya? Simak di sini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Orang Bunian – Sumatra Barat

Orang Bunian adalah salah satu kelompok suku gaib yang konon banyak sekali terdapat di Sumatra Barat. Mereka tinggal di kawasan hutan, bukit, atau kuburan yang sangat sepi. Beberapa cerita mengatakan bahwa orang bunian kerap meninggali rumah kosong. Mereka suka muncul saat senja dengan mengeluarkan tanda-tanda.

Biasanya orang setempat akan membaui aroma kentang yang digoreng. Makhluk ini dikenal suka menyesatkan para penjelajah. Biasanya mereka berwujud manusia secara sempurna. Orang-orang yang ikut masuk ke dunia orang bunian akan susah sekali untuk keluar, terlebih jika sampai makan masakan dari sana. Itulah mengapa kasus-kasus hilangnya orang di hutan selalu dikaitkan dengan adanya orang bunian.

3 dari 5 halaman

2. Suku Bati – Pulau Seram

Pulau Seram menyimpan misteri tentang sebuah kelompok makhluk misterius bernama Bati. Warga di kawasan itu begitu takut dengan Bati lantaran mereka kerap menculik anak-anak untuk disantap. Makhluk ini memiliki tinggi sekitar 1,6 meter dan memiliki sayap sangat lebar berwarna hitam.

Sekilas, Bati mirip sekali dengan manusia kelelawar yang terbang di angkasa. Kisah tentang Suku Bati mendadak jadi isu global di masa lalu lantaran ada orang asing bernama Karl Shunker menulisnya menjadi sebuah artikel. Warga Pulau Seram di masa lalu percaya kalau Suku Bati yang mirip kelelawar ini hidup di gua-gua di puncak gunung. Mereka hanya akan turun untuk mencari mangsa yang berupa hewan atau kalau nggak ada anak-anak pun bisa disambar.

4 dari 5 halaman

3. Orang Limun – Kalimantan Barat

Orang Limun adalah sekelompok masyarakat atau suku gaib yang ada di Padang 12, Kalimantan Barat. Lokasi Padang 12 adalah sebuah lahan kosong tak terpakai dengan pohon-pohon pinus di sekelilingnya. Orang setempat yakin jika di sini tinggal Orang Limun yang dikenal sangat suci dan taat beribadah.

Orang Limun suka sekali memberikan kunyit emas kepada para pengguna jalan yang melintas. Biasanya Orang Limun akan berpura-pura jadi nenek tua atau siapa saja dan minta di antar. Lalu saat tiba di Padang 12, dia hilang dan tukang ojek dapat rezeki yang banyak.

5 dari 5 halaman

4. Suku Paloh – Kalimantan Barat

Di kawasan Kalimantan Barat terutama yang dekat dengan Malaysia terdapat sebuah desa bernama Paloh. Konon, kawasan ini memiliki banyak manusia gaib yang kerap disebut dengan Suku Paloh. Aktivitas suku gaib ini dimulai pada malam hari. Orang-orang yang pernah melihat mengatakan bahwa peradaban suku ini sangat maju.

Mereka seperti layaknya manusia biasa yang berjualan, bersosialisasi hingga punya keluarga. Pada tahun 70-an ada sebuah pesawat yang melintas di sini dan hilang. Menurut kabar pesawat itu masuk ke dunia Suku Paloh dan nggak akan bisa ditemukan lagi.

 

 

Sumber: Famous.id/non

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.