Sukses

Cara Mudah dan Cepat Bikin Pakaian Kusam Jadi Putih Sempurna

Liputan6.com, Jakarta - Merawat pakaian berwarna putih memang tidak mudah. Warna yang awalnya putih sempurna akan berubah seiring pemakaian. Biasanya pakaian putih akan menguning bahkan keabu-abuan yang membuatnya tak lagi sedap dipandang.

Bagaimana cara mengatasinya? Seperti dikutip dari healthyfoodteam.com, berikut tips mengembalikan pakaian kusam Anda menjadi putih sempurna tanpa noda. Simak ulasannya berikut ini.

Tak pakai pemutih

Anda keliru jika mengandalkan pemutih sebagai senjata pembersih noda pada pakaian putih kesayangan. Sebab, kandungan kimia dalam pemutih sintetis justru hanya membuat pakaian menipis dan tidak memecahkan masalah noda membandel yang menempel pada pakaian.

Kalium permanganat

Anda bisa memanfaatkan sejumlah tips alami untuk membuat pakaian putih kembali dengan mengandalkan kalium permanganat. Salah satu metode ini dipercaya paling efisien untuk memutihkan pakaian dengan hasil sempurna.

Bagaimana caranya? Kalium permanganat mudah didapat di apotek. Tuangkan air 10 liter pada wastafel dan tambahkan beberapa kristal kalium permanganat. Kemudian tunggu hingga kalium larut dan berubah warna menjadi pink atau merah muda.

Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak kalium permanganat karena dapat mengubah air menjadi ungu gelap. Setelah campuran tadi larut, Anda bisa menambahkan 200 gram deterjen ke dalam air dan aduk rata.

Jika sudah siap, Anda bisa meletakkan cucian dalam larutan tadi dan ditutupi menggunakan kantong plastik. Biarkan setidaknya selama empat hingga lima jam. Atau, Anda bisa meninggalkannya selama satu malam.

Setelah rendaman pakaian itu bertahan semalam, Anda bisa memeras dan mencucinya di mesin cuci. Jika Anda ingin mendapat warna putih yang lebih nyata, cukup mengulang metode pemutihan ini sampai Anda mendapat warna putih asli pada pakaian Anda. Selamat mencoba.

Sumber: Feed.Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.