Sukses

Kabupaten Maluku Diguncang Gempa 5,1 SR

Gempa tektonik berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) mengguncang Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Provinsi Maluku adalah daerah rawan gempa dan tsunami, karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia, dan lempeng Eurasia.

Citizen6, Ambon: Gempa tektonik berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) mengguncang Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Jumat (10/6), sekitar pukul 05.14 WIT. Kepala Stasiun Geofisika Ambon Benny Sipolo, mengatakan gempa pada kedalaman 10 kilometer di bawah laut dan sekitar 203 kilometer arah
barat laut Saumlaki ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut, menurut Benny, tidak menimbulkan korban. "Kami intensif memantau perkembangan, karena Saumlaki termasuk daerah rawan gempa di Maluku," ujarnya.

Sebelumnya pada akhir Mei, Saumlaki juga diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,0 SR. Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami, karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia, dan lempeng Eurasia. Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan lempeng Pasifik, sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Namun, hingga kini belum ada gempa yang berpotensi tsunami di Maluku. Gempa-gempa yang terjadi di beberapa wilayah Maluku kebanyakan tidak terkontrol (tremor), yakni lokal dangkal yang terus menerus. Kekuatannya berkisar tiga hingga empat Modified Mercally Intensity (MMI). (Pengirim: Lisa Renhoat)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini