Sukses

Pesona Simping, Si Pulau Mungil

Wisata Pulau Simping dapat dijadikan alternatif dalam mengisi akhir pekan. Pulau yang tercatat oleh PBB itu mempunyai keunikan pepohonan dan tumbuhan meski sebagian besar kawasan terdiri dari bebatuan.

Citizen6, Singkawang: Indonesia memang terkenal dengan negara Archipelago (negara Kepulauan). Pulau Simping, itulah nama pulau tersebut, terletak di perairan Pantai Teluk Mak Jantu, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau ini termasuk dalam kawasan wisata Pantai Sinka Park Island, tempat wisata yang baru empat tahun ini mulai dikembangkan di kawasan pesisir Kota Singkawang. Untuk dapat mencapai pulau ini tidaklah sulit, dari Kota Singkawang menuju Pantai Teluk Mak Jantu, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Jika dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan menuju ke arah Kota Singkawang.

Pulau ini tercatat dan diakui oleh PBB, seperti yang terlihat di papan status pulau, persis di jembatan penyeberangan menuju Pulau Simping. Untuk menempuh jarak ke Pulau Simping yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai, kita dapat menggunakan jembatan dari beton yang sengaja dibangun untuk menuju lokasi pulau.

Pulau Simping tidaklah besar. Yang unik, di pulau ini ada pepohonan dan tumbuhan lain, padahal sebagian besar terdiri dari batu. Air laut di sekitar pulau dan pantai sangatlah tenang, karena berada di teluk--daratan yang menjorok ke darat--dan relatif dangkal.

Bagi sahabat petualang yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, akses transportasi dan akomodasinya sangatlah mudah, dan banyak tersedia. Dari Pontianak sahabat petualang dapat menggunakan jasa angkutan bus antarkota atau menggunakan travel menuju Singkawang, dengan kata kunci Teluk Mak Jantu, Sinka Zoo, Sinka Park Island. Untuk penginapan belum tersedia di kawasan ini, namun di Kota Singkawang banyak tersedia penginapan, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang.

Pulau Simping ini termasuk dalam kawasan Sinka Park Island, dan bersebelahan dengan Sinka Zoo (Taman Safari dan Kebun binatang) yang berada satu lokasi. Pemandangan yang ditawarkan juga tidak kalah menarik. Kawasan ini termasuk dalam kawasan konservasi dan hutan lindung (sinka zoo). (Pengirim: Devin Lim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini