Sukses

Momen Pilu Sebelum Badak Putih Jantan Terakhir di Dunia Disuntik Mati

Liputan6.com, Jakarta Badak putih jantan terakhir di dunia, Sudan, akhirnya mati pada 19 Maret 2018 kemarin. Kematian Sudan dilakukan melalui proses euthanasia, karena berbagai komplikasi akibat lanjut usia yang dialaminya. Komplikasi yang dialami badak putih terakhir ini meliputi sistem tulang dan jaringan otot yang kian melemah. Hal ini memicu munculnya banyak luka pada tubuh Sudan hingga infeksi yang menyerang bagian belakang kaki kanannya.

Sudan mati pada usia 45 tahun di Kenya dan meninggalkan putri serta cucunya sebagai dua badak terakhir dari jenis mereka di dunia. Kematian Sudan telah menjadi duka dunia, foto-foto terakhirnya pun banyak beredar di media sosial dan sebagai bentuk ungkapan duka atas kematiannya.

"Sudan adalah maskot untuk spesiesnya dan akan selalu diingat untuk jasanya dalam meningkatkan kesadaran global tentang penderitaan yang dihadapi, tidak hanya badak putih utara, tetapi juga ribuan spesies lainnya yang menghadapi kepunahan, sebagai akibat dari aktivitas manusia yang tidak berkelanjutan," ujar Richard Vigne, pimpinan lembaga konservasi terkait.

Dikutip Merdeka.com, berikut deretan foto Sudan yang sedang dihibur oleh seorang polisi hutan sebelum disuntik mati:

Sumber Foto: Merdeka.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.