Sukses

5 Tanaman Pencabut Nyawa, Ada dari Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan pohon dan tanaman di bumi tentu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Selain untuk membersihkan udara dengan mengkonversi karbondiosikda menjadi oksigen, pohon juga bisa digunakan untuk kebutuhan properti. 

Namun, apa kamu tahu bahwa ada tanaman beracun hingga mengancam nyawa seseorang? 

Bukan berarti tumbuhan itu jahat atau sebagainya, namun memang tumbuhan tersebut memiliki fungsi pertahanan diri yang bisa dibilang ekstrem. Contohnya saja ada beberapa tumbuhan yang memiliki getah yang beracun. Ada juga yang memiliki duri yang bisa melukai tubuh seseorang jika terkena duri tersebut. Hal itu semata-mata untuk mereka mempertahankan diri.

Nah, berikut lima pohon dan tanaman yang paling mematikan di dunia, ternyata ada yang dari Indonesia juga lo. 

1. Sandbox Tree

 

Sandbox tree biasanya tumbuh di hutan-hutan daerah Amerika Selatan serta hutan Amazon. Pohon ini bisa berdiri setinggi 27 hingga 37 meter. Buah dari pohon ini sangatlah beracun.

Buah yang memiliki bentuk seperti labu kecil ini bisa menyebabkan muntah, diare dan kram jika tertelan. Getah tanaman ini bisa menyebabkan kebutaan jika terkena mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Namibian Bottle Tree

Pohon ini memiliki bentuk yang unik sehingga dinamakan pohon botol. Di balik bentuknya yang unik, getah pohon ini ternyata beracun. Getah pohon yang tumbuh di Gurun Namibia ini sering dijadikan sebagai racun yang ditaruh di anak panah. Orang yang kena racun ini akan mengalami kelumpuhan hingga tewas.

3 dari 5 halaman

3. Gympie Gympie

Pernah lihat daun seperti gambar di atas? Tanaman bernama gympie-gympie ini bisa ditemukan di Maluku. Daun dan batang tanaman ini memiliki duri halus seperti bulu. Jika seseorang hanya menyentuh saja, maka bulu atau duri tersebut akan masuk ke pori-pori tubuh orang tersebut. Jika sudah masuk, duri tersebut akan menyebar dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Kejadian mengerikan pernah terjadi, ketika seseorang secara tidak sengaja menjadikan daun tanaman ini sebagai 'tisu toilet'. Karena tak dapat menahan rasa sakit yang ditimbulkan oleh tanaman tersebut, akhirnya orang ini menembak dirinya sendiri.

4 dari 5 halaman

4. Strychnine Tree

Pohon ini tumbuh di wilayah India dan juga Asia Tenggara. Pohon yang memiliki buah kecil berwarna oranye ini ternyata memiliki racun yang mematikan. Terutama di bagian bijinya, jika tertelan akan menyebabkan kelumpuhan, kram otot dan lidah mati rasa.

5 dari 5 halaman

5. Suicide Tree

Meski terlihat seperti pohon pada umumnya, ternyata pohon ini sangat mematikan lo. Seluruh bagian pohon, mulai dari batang, daun hingga buahnya mengandung racun. Jika dilihat sekilas, pohon ini tentu memiliki bunga yang indah, tapi jika kamu memakan daun, getah, buah dan bijinya ternyata menyebabkan gangguang jantung hingga berujung kematian.

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.