Sukses

Tingkatkan Softskill Siswa, SMP Labschool Cibubur Gelar LASER

SMP Labschool Cibubur kerap menyelenggarakan acara tahunan LASER (Labschool Art, Sport dan Education Regional Competition).

Liputan6.com, Jakarta - Menempuh pendidikan tak melulu melatih kemampuan akademis saja. Kita juga perlu memperhatikan softskill atau lebih dikenal dengan keterampilan sosial, berinteraksi, berkomunikasi, hingga kecerdasan emosional.

Meskipun hardskill atau kemampuan akademis merupakan syarat yang diperlukan di dunia kerja. Namun, softskill juga terbilang tak kalah penting, apalagi ketika individu terjun di masyarakat.

Untuk memperoleh kemampuaan ini, tentunya akan lebih baik didapatkan sejak di bangku SD dan SMP. Walaupun begitu, softskill bukanlah kemampuan yang mudah didapatkan dengan hanya duduk di kelas. Hal ini bisa didapatkan dengan melibatkan peran aktif siswa yang berpartisipasi dalam organisasi dan tim.

Agar dapat meningkatkan hal tersebut, SMP Labschool Cibubur kerap mengadakan acara tahunan yang diusung oleh para siswanya. Mereka menamakan acara tersebut dengan LASER (Labschool Art, Sport, dan Education Regional Competition).

Keunikan acara ini mendorong partisipasi aktif dari para siswa untuk terlibat dalam kegiatan. Melalui LASER yang diadakan sejak 2013, para siswa SMP Labschool Ciburbur kerap menyelenggarakan lomba dari berbagai bidang mulai dari seni, olahraga hingga edukasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan yang efektif untuk menyalurkan softskill siswa

Tim panita yang tergabung dalam LASER, diserahkan untuk mengatur kegiatan acara yang sebagian besar mereka lakukan sendiri. Meski kesuksesan acara juga turut didukung banyak pihak pada setiap tahunnya mulai dari guru, orangtua serta sponsor.

Namun, tim panitia yang terdiri dari siswa-siswi SMP Labschool bekerja keras untuk menyelenggarakan acara ini. Mulai dari pengumpulan dana, sponsor, serta menentukan peserta.

Kegiatan tersebut ternyata mampu membentuk kepribadian, sebagai pembentukan karakter serta dapat meningkatkan softskill.

Menurut Prof. Dr. Arief Rahman, M.Pd. selaku Penasehat Labschool Cibubur mengatakan bahwa LASER efektif sebagai pembentukan karakter. Tidak hanya panitianya saja yang mendapatkan manfaat, para pesertanya yang terdiri dari siswa SD dan SMP juga turut mendapatkan pembentukan karakter.

Kegiatan tersebut melibatkan fisik, mental, dan emosi sehingga membangun kesehatan jasmani yang kuat. Selain itu, LASER juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk mendapatkan pengalaman berorganisasi dan kerja sama yang merupakan bagian dari softskill.

Sebagai acara kompetisi, LASER juga diadakan dengan tujuan untuk menyediakan wadah minat dan bakat siswa di banyak sekolah wilayah Jabodetabek.

Kegiatan acara tahunan SMP Labschool Cibubur ini, dilaksanakan sejak 13 Maret sampai dengan 22 Maret. Meliputi lomba di bidang seni, olahraga, hingga edukasi. Para peserta yang berpartisipasi tersebar dari 60 lebih sekolah di Jabodetabek.

(Ai/Ul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini