Sukses

Puluhan Perguruan Adu Jurus Pencak Silat

Sebanyak 30 perguruan mengikuti pagelaran pencak silat di Stadion Tridharma Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Selasa (26/7).

Citizen6, Gresik: Setelah mati suri selama enam tahun, Stadion Tridharma Petrokimia Gresik, Jawa Timur, menyelenggarakan pagelaran pencak silat, Selasa (26/7). Antusiasme warga dalam acara tersebut sangat besar. Hal ini terlihat dari kehadiran warga yang menonton acara tersebut. Meskipun acara baru dibuka pukul 19.30 WIB, warga telah memadati area pagelaran sejak pukul 18.00 WIB.

Pagelaran yang diikuti oleh 30 perguruan silat di Kabupaten Gresik ini sangat menarik, karena disela-sela pertunjukkan juga ada penampilan silat dari para sesepuh silat di Gresik. Usia mereka sudah tidak muda lagi namun kelincahan dalam menampilkan jurus-jurus silat tidak bisa diragukan lagi.

Selain itu yang menarik perhatian adalah pagelaran dari Perguruan Tlogo Pojok Putra, karena menghadirkan pencak "Macan" dalam pertunjukkannya. "Macan" tersebut menjadi daya tarik penonton, selain mengeluarkan aura sangar, "Macan" tersebut juga mengeluarkan jurus-jurus yang membuat penonton berdecak kagum, takut, tertawa, bahkan menegangkan.

Acara yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan pupuk berplat Merah PT Petrokimia Gresik ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal, yang dewasa ini sudah mulai tidak diminati oleh generasi muda. Harapannya acara pagelaran pencak silat yang juga sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingan di Sea Games ini, dapat dilestarikan dan digemari oleh generasi penerus bangsa. (Pengirim: Faisal Alfarokhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini