Sukses

H+7, Pelabuhan Sampit Kebanjiran Penumpang

Arus balik pascalebaran Idul fitri dari Pulau Jawa menuju Kalimantan hampir mencapai 4.128 penumpang dari tiga kapal yang datang ke Pelabuhan Sampit, pada Rabu (7/9).

Citizen6, Sampit: Arus balik pascalebaran Idul fitri dari Pulau Jawa menuju Kalimantan, hampir mencapai 4.128 penumpang dari tiga kapal yang datang ke Pelabuhan Sampit pada, Rabu (7/9). Dari data manifes kapal penumpang yang bersandar seperti Km Darma Feri dari Semarang dengan tujuan Pelabuhan Sampit, membawa penumpang sebanyak 559 orang. Kapal Kiranan I dari Surabaya-Sampit 606 penumpang, dan Km Lawit dari Semarang membawa 29.630 penumpang.

Rata-rata penumpang yang kembali ke Sampit sebagian besar adalah pekerja perkebunan kelapa sawit. "Diperkirakan lonjakan penumpang hingga H+12 meningkat drastis," ungkap Sapran, Kepala Operasional Pelni Sampit. Menurutnya, untuk mengatisipasi keselamatan serta kelancaran penumpang saat turun dari kapal, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait. Agar penumpang yang turun dari kapal langsung diarahkan ke pintu keluar sebelah timur.

Dari pantauan di lapangan, lonjakan penumpang arus balik selama kurun waktu satu minggu ini, hanya KM Lawit yang lebih banyak membawa penumpang yaitu sebanyak 29.630 orang. Padahal Rabu (7/9) juga terdapat kapal KM Darma Peri yang juga mengangkut penumpang dari Semarang, dengan tujuan Pelabuhan Sampit, namun jumlah penumpang yang diangkut hanya 559 orang. (Pengirim: Yunan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.