Sukses

Polres Canangkan Program Satu Desa Satu Polisi

Polres Kendal mencanangkan Program Satu Desa Satu Polisi bertempat di Aula Kecamatan Pegandon, Rabu (19/10).

Citizen6, Kendal: Polres Kendal mencanangkan Program Satu Desa Satu Polisi bertempat di Aula Kecamatan Pegandon, Rabu (19/10). Program ini menurut Kapolres Kendal AKBP Drs Agus Suryo Nugroho adalah sebagai implementasi pelaksanaan program dari Mabes Polri, Senin (17/10). "Tujuannya adalah dengan menempatkan satu polisi di setiap desa maka akan mudah terpantau dinamisasi kemasyarakatan warga, baik itu dari segi keamanan, isu yang berkembang dan upaya cipta kondisi yang diterapkan, semuanya bermuara pada optimalisasi pengabdian Polri pada warga," tandas Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres secara simbolis menyerahkan rompi kepada Perwakilan Polisi Babinkamtibmas yang akan diterjunkan ke desa. Bantuan kepada para tokoh agama, serta sumbangan tiga buah televisi 20 Inch kepada warga yang rumahnya menjadi Pos Rumah Pelayanan Masyarakat. Hadir dalam acara itu Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Tyas Koesharyadi, Jajaran Muspika Pegandon, seluruh ketua Rt dan Rw, tokoh pemuda dan tokoh agama Pegandon.

Rencananya Program Satu Desa Satu Polisi yang dicanangkan di Polsek Pegandon ini merupakan Pilot Project yang akan diikuti oleh seluruh Polsek di jajaran Polres Kendal. Sebagai langkah awal secara aklamasi para kepala desa sekecamatan Pegandon menyatakan siap memberikan satu ruangan khusus. Dimana akan digunakan sebagai Pos Polisi Desa guna menampung keluhan warga dan kegiatan administrasi polisi ketika berada di wilayah desa tersebut.

Rizal Al Aydrus (30), Kepala Desa Pegandon mengaku senang dengan adanya program tersebut. "Yang pasti, warga tak akan sungkan atau malu ketika akan mengadukan sebuah permasalahan yang berkaitan dengan keamanan dan hukum, tak perlu harus repot ke Polsek yang terkadang dianggap jaraknya terlalu jauh dari pemukiman warga," katanya. (Pengirim: Aryo Widiyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.